Karanganyar Miliki 1700 Penghafal Al Quran

Karanganyar – Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo secara resmi membuka dan memberikan sambutan pada pagelaran Musabaqah Tilawatil Al-Qur’an (MTQ) Pelajar, Musabaqah Hifdzil Al-Qur’an (MHQ) Pesantren dan Seleksi Tilawatil Al-Qur’an (STQ) Umum Tingkat Kabupaten Tahun 2016, Sabtu (06/08). Dalam sambutannya, Wabup mengapresiasi maraknya kegiatan yang dapat menumbuhkan kecintaan warga Karanganyar terhadap Al Qur’an.

Merujuk pada data yang diberikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar,  Musta’in Ahmad, Wabup mengatakan bahwa di Karanganyar ada sekitar 1700 orang hafiz/penghafal Al Qur’an. Penghafal Al Qur’an tersebut memiliki hafalan mulai dari satu juz hingga tiga puluh juz yang tersebar mulai dari sekolahan hingga pesantren.

“Kita berharap Karanganyar menjadi bumi Al Qur’an sehingga mendapat keberkahan Allah SWT dari bumi dan langit. Kita dorong kegiatan-kegiatan seperti ini, MTQ dan pendidikan Al Quran seperti Sekolah Tilawah Al Qur’an yang sudah berjalan sejak lama. Semoga dengan itu, akan semakin banyak lagi qori dan qori’ah yang mewarnai Kabupaten Karanganyar,” ucap Rohadi.

Sebelumnya Wabup mengatakan bahwa pada bulan Juli 2016, salah satu peserta MTQ Internasional di Turki, Zainal Abidin asal Ciamis mendapat juara pertama. Ada juga tiga orang Indonesia yang pernah menjadi imam besar di Masjidil Haram, diantaranya adalah Syekh Junaid Al Betawi, Syekh Muhammad Nawawi al Jawi Al Bantani, dan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

“Keempat, mari kita tunggu Syekh dari Al Karanganyari, semoga ada diantara yang hadir saat ini,” harap Rohadi pada peserta MTQ, MHQ dan STQ.

Kegiatan yang diadakan di SMPN 5 Karanganyar ini dihadiri beberapa pejabat Karanganyar, diantaranya adalah Kepala Kantor Kementerian Agama, Kepala Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Camat, Kepala KUA se Kabupaten Karanganyar, serta masih banyak lainnya.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Bupati Karanganyar mengutip pernyataan seorang ulama tentang Al Qur’an. “Tanamkan Al Qur’an di jiwamu, maka akan kau tuai kemakmuran di Bumi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua panitia yang juga Kabag Kesra Pemkab Karanganyar mengatakan bahwa ada 35 cabang yang diikuti oleh 542 peserta. Cabang tersebut diantaranya adalah 16 cabang putra putri MTQ pelajar, 3 cabang putra putri MHQ pesantren dan 16 cabang putra putri STQ umum.

Lomba MTQ, MHQ dan STQ tingkat kabupaten diakhiri dengan penyerahan piala oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad sekitar pukul 14.00 WIB. Dari 17 Kecamatan yang ada, Kecamatan Karanganyar mendapatkan juara umum, dilanjutkan dengan Kecamatan Karangpandan dan Kecamatan Gondangrejo. (hd/gt)