Karu dan Karom harus menguasai tugas dan fungsinya

Tegal – Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) bagi calon jemaah haji Kota Tegal mengikuti kegiatan pemantapan Karu dan Karom yang berlangsung di Aula Kankemenag, Selasa, (18/08). Kegiatan ini dihadiri 20 orang yang telah ditunjuk sebagai Karu dan 5 orang sebagai Karom bagi calon jemaah haji Kota Tegal tahun 1436 H/ 2015 M.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh H. Abdul Ghofir ketika membuka acara tersebut menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai pentingnya menguasai fungsi dan tugas Karu dan Karom dalam pelaksanaan ibadah haji. Selain itu ia juga menyampaikan pula beberapa informasi penting mengenai pelaksanaan ibadah haji seperti jadwal keberangkatan Embarkasi Adisumarmo Solo (SOC) dan pengenalan petugas Kloter yang akan mendampingi calon jemaah haji Kota Tegal.

Menurutnya antar Karu dan Karom harus menguasai betul fungsi dan tugasnya. Karu dan Karom pada akhirnya dalam pelaksanaan harus memulai mengenal anggotanya, dimana Karu beranggotakan 11 orang dan Karom 45 orang. Karu melaksanakan tugas dari Karom, dan Karom melaksanakan tugas dari Kloter yang terdiri dari dari 5 personil diantaranya TPHI yang diketuai oleh dirinya sendiri yang ditunjuk oleh Kakanwil.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk calon jemaah haji Kota Tegal musim haji tahun ini tidak terpecah dan tergabung dalam satu Kloter. ”Alhamdulillah tidak pecah 225 utuh ditambah gabungan dari Kabupaten Tegal,” terangnya.

Jemaah haji Kota Tegal dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir tergabung dalam satu Kloter atau tidak terpecah. Tetapi karena jumlahya tidak memenuhi satu Kloter maka digabung dengan daerah lain. Tahun ini calon jemaah haji Kota Tegal berjumlah 225 dan akan tergabung dalam Kloter 44 SOC bersama calon jemaah haji dari Kabupaten Tegal.

Pada kegiatan pemantapan Karu dan Karom bagi calon haji Kota Tegal 1436 H / 2015 M yang berlangsung selama dua hari 18-19 Agustus itu, Karu dan Karom juga menerima materi terkait tugas dan fungsinya dalam serangkaian pelaksaan ibadah haji oleh beberapa narasumber. Selain dari Kankemenag, tenaga medis dan para medis serta TPHD yang akan bertugas mendampingi calon jemaah haji Kota Tegal selama di tanah suci juga dihadirkan sebagai pemateri untuk memberikan pembekalan kepada mereka.(lil)