Kecamatan Sluke Siap Jadi Tuan Rumah MTQ

Rembang – Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Umum dan Pelajar tahun ini diharapkan bisa mencetak juara-juara yang siap bertanding di MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah. Untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten yang akan digelar pada Mei mendatang, Muspika Sluke telah bersiap menjadi tuan rumah.

Kepala KUA Sluke, Sarifudin mengatakan, segenap jajaran Muspika telah mempersiapkan diri untuk menyambut penyelenggaraan MTQ ini. Menurutnya, masyarakat Sluke menyambut antusias dan siap membantu pelaksanaan MTQ agar berjalan lancar.

“Beberapa hari lalu kita telah mengadakan rapat di pendopo Kecamatan Sluke untuk membentuk panitia lokal yang akan bertugas menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untk MTQ nanti. Antara lain pembentukan panitia, rencana kerja panitia, rencana lokasi kegiatan, dan tata ruang,” kata Sarifudin, pagi tadi.

Panitia lokal tersebut terdiri dari Kecamatan, UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sluke, Tokoh Agama, tokoh masyarakat, KUA, penyuluh PNS dan non PNS. “Semua pihak dengan senang hati akan membantu panitia utama dari Kabupaten supaya acaranya lancar dan sukses,” ujar Sarifudin.

KH Mujahidin selaku ketua panitia mengatakan, akan membantu pelaksanaan MTQ secara moril dan materiil. “Kami siap menyumbangkan Tenaga dan materi serta apa pun yang dibutuhkan nanti,” kata Mujahidin.

Menurut Mujahidin, masyarakat Sluke berkarakter religius. Sehingga dengan adanya pegelaran MTQ ini, masyarakat merasa termotivasi untuk turut meramaikan syi’ar Islam. “Di sini banyak madrasah diniyyah, TPQ, dan pesantren. Sehingga sangat pas kalau kami didampuk menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Lokasi menyebar

MTQ ini direncanakan terbagi dalam delapan majlis lomba. Cabang lomba ini rencananya akan menempati beberapa lokasi antara lain SMP 1 Sluke, MTs Maslakul Huda Sluke, Gedung Soponyono, dan SD Jatisari Sluke.

Sementara para peserta yang datang dari 14  Kecamatan rencananya akan dipersilakan menginap di SMP 1 Sluke dan MTs Maslakul Huda Sluke.–SS/bd)