Kembali Dua Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Samarang – Kabar gembira kembali diterima Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, menurut surat dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah yang diteruskan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia menyebutkan bahwa 2 jemaah haji asal Jawa Tengah kondisinya sudah membaik dan mendapatkan rekomendasi layak terbang untuk dipulangkan kembali ke Tanah Air.

Kedua jemaah tersebut diterbangkan dari Tanah Suci dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten secara terpisah, untuk H. SAHAD NGADIMIN NASRI pada Rabu (16/11) pukul 09.00 WIB sedang Hj. ROMINI NGAHADI Kamis (17/11) pukul 09.00 WIB. Selanjutnya keduanya dibawa ke Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta untuk menjalani perawatan lanjutan untuk memastikan perkembangan kondisi kesehatannya.

Kepala Bidang PHU Noor Badi menjelaskan bahwa 2 jemaah haji asal Jawa Tengah masing-masing dari Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Pati, kondisi kesehatannya sudah membaik dan sudah menerima surat rekomendasi laik terbang kembali ke Tanah Air.

“Kembali dua jemaah haji yakni SAHAD NGADIMIN NASRI laki-laki (65) dari SOC 63 asal Kabupaten Pati dan ROMINI NGAHADI THOHARI perempuan (76) dari SOC 57 asal Kabupaten Temanggung dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan kembali ke Tanah Air, keduanya kini berada di Rumah Sakit Haji Pondok Gede Jakarta untuk cek kesehatan guna memastikan kondisi kesehatan keduanya,” jelas Noor Badi kepada redaksi di ruang kerjanya, Kamis (17/11).

Beliau menambahkan bahwa pihaknya telah menghubungi keluarga keduanya serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten masing-masing untuk persiapan penjemputan di Bandara Ahmad Yani Semarang sembari menunggu surat rekomendasi dari Direktur Jenderal PHU sebagai syarat kedua jemaah bisa dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.

“Kami sudah menghubungi pihak keluarga dan Kankemenag guna mempersiapkan penyambutan kedatangan kedua jemaah haji tersebut di Bandara Ahmad Yani Semarang, sekaligus menunggu surat rekomendasi dari Dirjen PHU sebagai syarat untuk kembali ke daerah masing-masing,” imbuhnya.

Ditambahkan, paska operasional penyelenggaraan ibadah haji 1437H dari total 26.480 calon jemaah haji Jateng dan DIY yang diberangkatkan, 26.422 jemaah haji sudah kembali ke Tanah Air, sedangkan selisih jumlah sebanyak 58 dikarenakan 52 wafat di Tanah Suci, 3 pulang reguler menuju Inggris dan Perancis sedang 3 jemaah masih tertinggal di arab Saudi karena sakit.

“Dengan kembalinya H. Sahad dan Hj. Romini ke Tanah Air, saat ini total jemaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air sebanyak 26.422 dan masih menyisakan 3 jemaah yang tertinggal di Arab Saudi,” urai pungkasnya. (gt/gt)