Kemenag Bentengi Rohis dari Paham Radikal

Karanganyar – Berkembangnya paham radikal belakangan ini membuat kekhawatiran tersendiri bagi seluruh masyarakat, tidak terkecuali Kementerian Agama sebagai institusi yang memiliki misi menjaga kerukunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui seksi Pendidikan Agama Islam dan Keagamaan Islam (PAKIS), Kemenag Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dan Multikultural bagi siswa SMA/SMK se Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Taman Sari Karanganyar ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan pengurus organisasi Kerohanian Islam (Rohis) pada SMA/SMK se Kabupaten Karanganyar. Mewakili Kepala Kemenag, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Museri mengatakan bahwa Islam adalah agama yang Rahmatan Lil Alamin sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Qur’an, (17/03).

“Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam”, QS Al-Anbiya : 107.

“Ada 6 agama di Indonesia, semua harus hidup berdampingan dengan rukun, damai dan saling menghormati. Peran kita sebagai pemeluk agama terbesar di Indonesia harus memberi rasa aman dan mengayomi terhadap lainnya”, ucap Museri.

Lebih lanjut Kasi Hajum mengatakan kepada peserta kegiatan agar berhati-hati terhadap penyusup dalam paham keagamaan yang ada di Indonesia, seperti aliran yang mengajarkan kekerasan dan radikal, karena hal itu tidak sesuai dengan ajaran Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.

“Paham-paham yang beraliran keras dan radikal harus diantisipasi lebih dini, sehingga Islam yang berkembang di Indonesia adalah Islam yang Rahmatan Lil ‘Alamin, membawa kesejukan dan kedamaian bagi umat manusia”, tandasnnya.

Di akhir sambutannya, Museri mengatakan bahwa Remaja sekarang adalah pemimpin di masa depan. Dengan mendapatkan pembinaan yang baik, Bangsa Indonesia kedepannya akan menjadi pusat peradaban dunia.

Ada tiga narasumber yang memberikan pembinaan kepada 50 siswa SMA/SMK pengurus Rohis. Heru Prasojo, Pengawas PAI SMA/SMK Kabupaten Karanganyar, Amir Mahmud, Pengawas PAI Kabupaten Semarang, dan Untoro, Guru SMKN 1 Salatiga.

Tujuan dari kegiatan Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dan Multikultural bagi siswa SMA/SMK se Kabupaten Karanganyar adalah menambah pengetahuan siswa tentang Wawasan Rahmatan Lil ‘Alamin dan Perspektif Multikultural, Membekali siswa tentang jihad, solidaritas, toleransi, paham radikal dan terorisme serta membentengi siswa dengan akidah Islamiyah yang benar ditengah keberagaman kultur di masyarakat. (ida-hd/wul)