Kemenag Bentukan Generasi Agamis dan Toleran

Salatiga –  Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga melalui Seksi  Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam menyelenggarakan kegiatan Penguatan Wawasan Rahmatan lil’Alamin Dan Perspektif Multikultural bagi Siswa SMA/ SMK Tahun 2018 di RM Banyu Bening Salatiga, Kamis (22/02). Acara tersebut diikuti 22 siswa dari SMA/ SMK se-Kota Salatiga. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Fahrudin, dalam paparannya menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah SWT untuk dijadikan rahmat bagi alam semesta sebagaimana termaktub dalam Al Qur’an surat Al- Ambiya ayat 107 yang artinya Kami (Allah) tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

Islam sebagai Rahmatan Llil’alamin, dimana Islam merupakan agama membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta termasuk hewan, tumbuh-tumbuhan, ditambahkan pula wawasan ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMA/ SMK dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang konsep multicultural.

Pendidikan agama, menurutnya bukan hanya diajarkan di dalam kelas saja, melainkan juga di luar kelas, dalam interaksi social dimana terdapat berbagai perbedan kultur serta status social. . Nilai nilai multicultural dalam ajaran Islam yang harus diajarkan meliputi nilai-nilai keadilan, memperlakukan orang lain secara seimbang dan tidak melihat dari aspek sosial katanya

Selanjutnya ditambahkan pula Kebijakan Kemenag yaitu Program Kerukunan Umat Beragama; Program Pengembangan Wawasan Multikultural ; Pendekatan terhadap Penganut faham Radikal liberal ; Optimalisasi Media dan Dialog Lintas Agama dan Budaya

Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Qomarul Aziz  dalam laporan panitianya mengatakan maju mundurnya Negara terletak pada remaja atau generasi mudanya. Sehingga para siswa harus bisa memanfaatkan waktu yang baik interaksi yang positif dengan belajar yang baik, sehingga kedepannya akan melahirkan generasi yang cerdas dan berkualitas yang mempunyai nilai-nilai keislaman. Selanjutnya dengan adanya kegiatan ROHIS (Rohaniwan Islam) di sekolah maka akan membekali diri seorang siswa dengan ilmu dunia dan akherat. sedikit ilmu tapi bermanfaat dari pada banyak ilmu tapi tidak bermanfaat.

 Dalam kegiatan ini Seksi Pakis menghadirkan tiga narasumber yang terdiri dari Kepala Kemenag Kota Salatiga menyampaikan materi Kebijakan Kementerian Agama dalam Penguatan Wawasan Islam Rahmatan Lil’alamin dan Multikultural;  Dosen IAIN Salatiga Dr. Sa’adi, M.Ag Salatiga menyampaikan materi Wawasan tentang Peran Generasi Muda dalam Toleransi Umat Beragama  ; Kasi Pakis Kemenag Kota Salatiga Qomarul Aziz menyampaikan materi  konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Dan Pembentukan Generasi Yang Agamis Dan Toleran. (KK-MNC/gt)