Kemenag Klaten Gelar Rakor Pemutakhiran EMIS dan SIAGA

Klaten – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klaten melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar Rapat Koordinasi pendataan Education Management Information System (EMIS) Tahun 2021 di Aula Al Ikhlas Kemenag, Jumat, (4/6). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi PAI, Pengawas Madrasah, beserta para Kepala Madrasah dan operator.

Kasi Pendidikan Agama Islam, Wahib, dalam sambutannya menyampaikan EMIS merupakan suatu sistem manajemen pendukung yang berfungsi untuk menyediakan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu yang digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan, perencanaan dan penyusunan anggaran.

“Untuk menjawab tantangan tersebut maka diperlukan keakuratan data pada aplikasi EMIS yang memberikan data yang update tentang informasi kelembagaan pada pendidikan keagamaan, sehingga membantu dalam pengambilan kebijakan, serta dalam penyusunan anggaran pendidikan yang tepat sasaran,” ujar Wahib.

Selanjutnya menurut Wahib, keberhasilan pendidikan tergantung pada tata kelola para guru ditempat kerja apabila seorang guru kreatif dan inovatif, maka akan menghasilkan siswi yang berkualitas, namun kenyataannya di lapangan, guru PAI dihadapkan pada berbagai permasalahan seperti pengetahuan terhadap manajemen dan proses pembelajaran yang terkadang belum maksimal, dan penguasaan teknologi yang masih relatif rendah.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pengetahuan dan informasi tentang aplikasi SIAGA (Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama),” harapnya.

Pemutakhiran data pada aplikasi SIAGA sangat penting dilakukan oleh guru PAI guna memastikan keakuratan data yang dimiliki Kemenag.

“Data akurat akan berimplikasi pada kebijakan yang tepat sasaran, sehingga apabila pengawas dan guru PAI tidak melakukan pemutakhiran data dikhawatirkan tidak mendapatkan layanan yang seharusnya,” jelasnya.

“Semoga kegiatan yang dilaksanakannya dapat memberikan pengetahuan bagi guru PAI, sehingga kegiatan yang terkait di Seksi PAI dapat berjalan dengan baik dan lancar,” imbuh Wahib.(ri_aj/SUa)