Kemenag Wonogiri Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Halal

Wonogiri – Mayoritas masyarakat Indonesia adalah memeluk agama Islam sangat penting sebuah kehalalan dan kesucian sebagai tanggung jawab keagamaan. Sehingga kehalalan sebuah produk makanan merupakan hal penting bagi setiap muslim. Namun, tidak semua umat Islam mengetahui pasti bagaimana ciri produk halal. untuk itu perlu menumbuhkan kesadaran terhadap produk halal kepada masyarakat.

Gerakan Masyarakat Sadar Halal merupakan program yang memotivasi masyarakat dan pemangku kepentingan untuk ikut berperan dalam mewujudkan komunikasi masyarakat sadar halal. Juga mengubah pola pikir dan tingkah laku kebiasaan pola konsumsi dari enak, murah, dan kenyang, menjadi pola konsumsi yang halal dan thayyib.

Harapannya masyarakat dapat untuk memilah dan memilih  mana yang halal dan mana yang haram dan  memiliki kemandirian dan kesadaran dalam memilih produk halal untuk dimanfaatkan dan/atau dikonsumsi, juga menumbuhkembangkan kesadaran dan sikap pelaku usaha dalam memproduksi produk halal.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Ka.kankemenag Wonogiri,  Subadi ketika menyampaikan materi acara Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Halal Kankemenag  Kabupaten Wonogiri tahun  2017, Senin (24/07) di Ruang Rapat Kankemenag Wonogiri yang di ikuti oleh Penyuluh Agama Islam baik fungsional maupun non PNS.

Untuk itu implementasi UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, menurut Ka. Kankemenag, Subadi  harus dilakukan secara masif. Regulasi ini menjadi sangat penting dipahami masyarakat untuk menyukseskan program gerakan masyarakat sadar halal. Dalam hal ini UU Jaminan Produk Halal menjadi strategi dalam memajukan industri produk halal dalam negeri.

Di hadapan peserta  beliau berpesan bahwa kegiatan ini  harus mempunyai bertujuan untuk meningkatkan kesadaran umat Islam untuk penggunaan dan konsumsi makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik dan produk halal lainnya dan juga untuk peningkatan kapasitas pendidik tokoh agama, pengurus ormas, pembina produk halal dalam memberikan pelayanan bimbingan dan penyuluhan jaminan produk halal.

”Mengkonsumsi makanan yang halal lagi baik, kehalalan ini penting. Jika ingin enak tidur, makan dan minum yang halal. Karena jiwa raga akan tenang setelah menggunakan semua yang halal,” Pesan Ka. Kankemenag Wonogiri.

Sedangkan Ka. Gara Syari’ah Kankemenag, Fauzi Rohman Jauhari menyampaikan bahwa dewasa ini kesadaran dan perhatian masyarakat terhadap produk halal semakin menurun, terutama terhadap produk-produk impor.

Sehingga penyuluh agama Islam yang menjadi peserta sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal agar dapat menjadi inisiator dalam menjalin senergisitas  dengan lembaga-lembaga yang berafiliasi pada masalah-masalah produk halal serta bisa menyampaikan kepada umatnya  di daerah masing-masing. (Mursyid-Heri/Wul)