KH. Muhdi Pimpin Ikrar Syawalan Kemenag Kota Semarang

Semarang – “Kepareng matur dateng panjenengan sedoyo, ing mbok bilih kulo nggadahi lepat dateng panjenengan sedoyo ingkang kulo sengojo utawi mboten kulo sengojo, kulo nyuwun panjenengan sedoyo kerso paring pangapunten.”

Kalimat berbahasa Jawa tersebut adalah sepenggal ikrar yang dipimpin Kakankemenag Kota Semarang, KH. Muhdi, saat memimpin ikrar syawalan ASN Kemenag setempat, Senin (17/5/21). Seluruh ASN yang mengikuti apel pagi hari itu menirukan kalimat yang ucapkan Kakankemenag.

Senin itu, merupakan apel pagi istimewa. Pasalnya, apel pagi yang dipimpin Kasubag TU, Rachmad Pamudji, dilanjutkan dengan “kembul bujono” makan nasi soto bersama lengkap dengan buah dan minumannya yang telah disiapkan oleh panitia.

“Kosok wangsulipun, ing mbok bilih panjenengan sedoyo nggadahi lepat dateng kawulo, kanti ihlas kulo ugi angaturi pangapunten. Dawah sami-sami,” lanjut KH. Muhdi.

Ikrar Syawalan yang dipimpin Kakankemenag KH. Muhdi, sangat menarik perhatian peserta apel. Saking semangatnya, pengawas PAI, Sihabuddin Lubis, sampai tergerak untuk merekamnya karena merupakan hal baru untuk acara kantor.

“Saya senang dan sangat tertarik,” ujar Sihabuddin dengan tersenyum.

Sebelumnya, Kakankemenag KH. Muhdi mengawali “tausiyahnya” dengan mengutip QS. Ali Imron ayat 133 s.d 136 yang intinya agar kita semua untuk segera minta pengampunan dari Tuhan agar kita semua tergolong menjadi muttaqin.

Pada apel pagi yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat itu, KH Muhdi juga mengingatkan kepada tim Zona Integritas (ZI) pada khususnya Satker setempat dan seluruh ASN untuk mempersiapkan diri dan melengkapi persyaratan serta dokumen yang diperlukan untuk penilaian ZI.

“Tahun 2022, Kememenag Kota Semarang menjadi pilot project ZI. Karena itu, kita persiapkan dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Kasubag TU, Rachmad Pamuji dalam sambutan pembina apel mengatakan, jam kerja Kemenag Kota Semarang mulai Senin, 17 Mei menggunakan jam kerja normal yakni jam masuk pukul 7.30 dan jam pulang pukul 16.00 dan untuk Hari Jum’at, pukul 16.30.  (Amhal Kaefahmi/bd)