Kementerian Agama Siapkan Data Hewan Qurban & Lokasi Sholat Idul Adha Bagi Masyarakat

Karanganyar – Kementerian Agama menjadi rujukan masyarakat dalam persoalan agama, oleh karena itu penting bagi pegawainya untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi terkait keagamaan di media sosial.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, H. Musta’in Ahmad dalam pembinaannya di apel pagi tadi, (31/08). Pada kesempatan ini Kepala Kemenag juga menghimbau jajarannya untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat terkait keagamaan.

“Masyarakat perlu pendampingan, yang dinamakan qurban sunnah seperti apa, qurban nazar seperti apa. Misalnya tahun ini saya kurban kambing, besok saya mau kurban sapi. Itu nazar bukan. Terkait hal tersebut dan lain sebagainya masyarakat perlu pendampingan”, kata Musta’in.

Saat ini Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar sedang mempersiapkan data keagamaan, jumlah hewan qurban dan lokasi pelaksanaan sholat Idul Adha di seluruh kecamatan. Data ini nantinya akan digunakan oleh Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk memilih pelaksanaan sholat Idul Adha.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Kemenag bahwa saat ini penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS sedang mengumpulkan data jumlah hewan qurban, sapi dan kambing. Tidak hanya itu, lokasi pelaksanaan sholat idul adha di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar juga dicatat disertai dengan imam dan khotibnya. Ini nanti akan digunakan sebagai informasi yang berguna untuk masyarakat.

“Kemarin saya sampikan pada sekda terkait informasi bagaimana pengelolaan daging yang baik. Diawali dari penyembelihan daging yang baik sampai bungkus/plastik yang digunakan. Konon katanya plastik hitam itu daur ulang, yang dikhawatirkan kalau itu ada residu pestisida dan sejenisnya, ini perlu menjadi perhatian.  Walau belum ada pengumuman resmi, mari kita sampaikan ini di lingkungannya masing-masing,” tambah Musta’in.

Di akhir sambutannya, Kepala Kemenag mengajak pegawai dan masyarakat untuk mengikuti Do’a dan Dzikir di Masjid Agung Karanganyar yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama pada hari Kamis, 31 Agustus 2017 pukul 15.30 WIB. Besok, setelah pelaksanaan Sholat Ied di alun-alun, rencananya akan diadakan penyembelihan hewan qurban sapi milik Bupati, Wakil Bupati serta Kementerian Agama di pelataran Masjid Agung Karanganyar yang dilanjutkan dengan pembagian daging. (ida-hd/wul)