Kesan Pertama UNBK

Pati – Kesan Pertama, UNBK Pertama. Ujian Nasional 10 April 2017 memberi kesan tersendiri bagi seluruh siswa/i MAN 2 Pati yang berjumlah 284. Pasalnya ujian nasional kali ini menggunakan komputer disebut UNBK atau CBT. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan computer, sebagai media ujiannya. Ujian Nasional berbasis komputer bisa meminimalisir kecurangan.

Ana Sahara, dari kelas XII IPS 1 mengungkapkan bahwa “Alhamdullilah, ujian UNBK ini lebih mudah, karena langsung otomatis online sehingga di jamin hasilnya murni. Lebih menguntungkan UNBK daripada ujian manual sebab tidak perlu ribet dengan pensil ataupun kertas lagi. Dukungan dari madrasah pun banyak mulai dari fasilitas ruangan sudah berAC, komputer sudah milik madrasah sendiri, semuanya bukan dari siswa tapi dari madrasah untuk siswa. Kami dari siswa juga sudah mempersiapkan diri dengan belajar dan berdo’a.” Jelasnya

Sementara Akhmad khoirul Anam, dari kelas XII IPA 2, berkomentar bahwa “sangat dimudahkan bagi siswa MAN 2 Pati bisa menghemat waktu. Namun dalam UNBK ini dibagi tiga sesi sehingga kasihan yang s1esi terakhir harus ujian di siang hari, menurut saya ujian di siang hari sangat kurang maksimal dalam mengerjakannya. Namun, untuk meghadapinya, kami para siswa hanya bisa belajar dan berdo’a. Dari madrasah juga memberikan support dan nasehat agar tenang dalam menghadapi ujian.

Pantauan kami, hari pertama pelaksanan UNBK di MAN 2 Pati hari ini berjalan lancar, tertib, dan terkendali. Diharapkan di hari berikutnya lebih baik lagi terhindar dari berbagai kendala apapun. (Athi’/bd)