Khutbahul Wada Siswa-Siswi Akhir Ponpes Muhammadiyah IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan

Kab. Pekalangan – Khutbahul Wada siswa-siswi Akhir Pondok Pesantren Muhammadiyah IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan yang di hadiri langsung oleh H Waryono Abdul Ghofur selaku Direktur Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren Kementrian Agama RI) Dan Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan, H. Kasiman Mahmud Desky serta di hadiri secara virtual oleh H. Tafsir selaku Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah. (Minggu, 30/5)

Dalam acara tersebut mudir IMBS Ust. Sumarno berpesan akan pentingnya Panca Jiwa Pondok Pesantren yang meliputi : Keikhlasan; Kesederhanaan; Berdikari; ukhuwah Islamiyah; dan Kebebasan sebagai landasan nilai santri kelas 6 KMI IMBS Miftahul Ulum.

Dalam sambutannya Ketua Dewan Pesantren KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak Direktur PD Pontren Kemenag RI dan pada kesempatan tersebut menegaskan bahwa Pondok Pesantren bukan hanya transfer knowledge tetapi pembentukan mental dan akhlakul karimah sebagai pondasi sebagai manusia yang terbaik.

“Kami berpesan pada para santri akhir yang akan diwisuda jadilah manusia yang berguna dan berakhlakul karimah serta bermanfaat untuk orang lain,” pesannya.

“Jangan takut miskin, dan jangan takut susah selama kalian yakni Allah SWT sebagai penolong kalian.
Membantu agama Allah SWT baik di lembaga pesantren, masjid, majelis taklim harus total dan jangan setengah-setengah. Ingat janji Allah  “إن تنصروا الله ينصركم ويثبّت أقدامكم. “pungkasnya mengakhiri sambutan.(Smn/Ant/bd).