KKM Upaya Pemberdayaan Madrasah

Pemalang – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Taufik Rahman mengukuhkan Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) periode 2019-2021dan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) periode 2018-2021. Pengukuhan dilaksanakan di MTs Nurul Huda Mereng, Rabu (6/3) siang.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Kepala KUA Kecamatan Warungpring, Pengawas MA, MTs, dan MI, serta Kepala MA dan MTs di Kabupaten Pemalang. KKM dibentuk untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan program peningkatan mutu madrasah dan meningkatkan profesionalitas kepala madrasah.

“KKM upaya memberdayakan madrasah seperti ungkapan al jamiyah al barokah supaya madrasah yang sudah baik menjadi lebih baik lagi,” kata Taufik dalam pembinaannya.

“Karena  saudara adalah sebagai kepala madrasah, saudara adalah uswatun hasanah. Saya berharap madrasah tidak kalah dengan sekolah lainnya. Kalau madrasah mau bagus, yayasan, pembinanya harus komitmen,” lanjutnya.

Beliau mencontohkan dalam pengelolaan dana BOS madrasah, yang berhak mengambil, menyimpan, dan mengelola dana bos adalah kepala madrasah dan bendahara BOS. Pembina dan yayasan tidak berhak meminta dana bos. Jika pengelolaan bos sesuai ketentuan maka saat membuat laporan pertanggungjawaban akan mudah.

“Uang negara ya kita gunakan sesuai peruntukannya, kita harus berkomitmen, madrasah, dan kelompok kerja madrasah juga harus berkomitmen. Dilarang memberi imbalan kepada pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang,” tegasnya.

Selanjutnya Taufik menjelaskan salah satu mantra Kementerian Agama sebagaimana ungkapan Menteri Agama, yakni moderasi beragama. Moderasi beragama sebagai cara kita dalam beragama secara moderat, bukan secara ekstrem.

“Moderasi beragama harus kita ajarkan kepada siswa didik. Moderasi beragama akan memunculkan Islam yang rahmatan lil'alamin, yang toleransi, yang luwes. Ciptakan anak didik yang siap menghadapi masa depan dan tanamkan jati diri kepada mereka,” pesannya.

Kepala Kankemenag mengukuhkan Imam Shofwan, selaku Kepala MAN Pemalang sebagai Ketua KKMA. Sementara Mimbar selaku Kepala MTsN 1 Pemalang sebagai Ketua KKMTs I, Imam Sayekti selaku Kepala MTsN 2 Pemalang sebagai Ketua KKMTs II, dan Ahmad Nahdludin selaku Kepala MTs Salafiyah Karangtengah sebagai Ketua KKMTs III.

Pengurus KKM diharapkan segera membuat program kerja yang bisa dilaksanakan, bukan yang muluk-muluk. (fi/rf)