Komitmen Untuk Mensukseskan Ujian

Temanggung – Ujian berstandar nasional harus dipersiapkan dengan baik, terutama administrasi dan sarana prasarana agar dalam pelaksanaan siswa merasa nyaman dan aman.

Demikian disampaikan Ujiyatno Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Temanggung di depan peserta Rakor pelaksanaan ujian sekolah di Aula Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga, Senin (16/4).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh para Ka UPT, pengawas dan bendahara ujian, Ujiyatno juga menekankan perlunya ujian untuk dilaksanakan secara jujur agar dapat menghasilkan informasi yang obyektif untuk berbagai kepentingan, diantaranya untuk melanjutkan ke jenjang  yang lebih tinggi.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,  Saefudin mengharapkan agar para penyelenggara ujian di semua tingkatan mulai dari tingkat Kabupaten sampai satuan pendidikan harus mempunyai komitmen untuk mensukseskan ujian.

Sukses dalam perencanaan, pelaksanaan dan sukses hasilnya. “Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran diikuti dengan sistem evaluasi pembelajaran melalui pelaksanaan USBN,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Ujian tahun 2018 ini sedikit berbeda dengan ujian  tahun lalu terutama bentuk soalnya.  Untuk soal ujian tingkat SD/MI disamping ada soal pilihan ganda, juga ada 5 soal uraian. Siswa dituntut untuk lebih maksimal dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian tahun ini. (nm/sr)