Kuliah Umum dan Matsama Awali Tahun Ajaran Baru di MAN 1 Surakarta

Surakarta – Tidak terasa kita memasuki Tahun Ajaran Baru 2021/2022 bagi peserta didik sekolah dasar dan menengah. Antusiasme baik peserta didik, guru, dan orang tua terasa cukup riuh. Keriuhan ini terjadi di dunia maya, terlihat di platform Instagram, para siswa baru mengunggah twibbon dengan caption semarak penuh motivasi. Tidak kalah, para siswa kelas lama juga menunjukkan semangatnya dengan membuat status penyemangat, walau tidak dapat dipungkiri ada juga yang menulis status yang bernuansa kurang semangat.

Adanya pandemi COVID-19 membuat tahun ajaran baru kali ini harus diawali dengan sepenuhnya daring. Sama seperti tahun 2020 lalu, beberapa kebiasaan yang lenyap dari pandangan mata ketika tahun ajaran baru tiba. Sebagai contoh, betapa ramainya pusat perbelanjaan dan toko alat tulis, ketika siswa dari semua tingkat berbondong-bondong memborong lusinan buku, bertangkai-tangkai alat tulis, dan para orang tua kalang kabut untuk membantu membawakan barang belanjaan para pelajar tersebut. Tidak juga terlihat tahun ini, padatnya jalan raya di pagi hari yang melintasi gerbang sekolah. Tampak pelajar yang diantar orang tua sampai ke depan gerbang, ataupun siswa lama yang bergerombol di jalanan sambil bercerita betapa menyenangkannya liburan mereka.

Tidak perlu surut semangat karena pandemi, justru karena pandemi ini kita bisa melihat pemandangan baru dengan sensasi yang belum pernah kita rasakan sebelumnya. Karena memang tidak banyak yang berubah dari pendidikan kita, setidaknya selama pandemi ini. Kurikulum masih sama, guru tak banyak berganti, bahkan seremonial untuk memulai tahun ajaran baru pun masih ada.

Mengawali tahun ajaran baru, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Surakarta mencoba menghadirkan nuansa yang berbeda bagi siswa, baik yang baru maupun lama. Menurut wakil kepala bidang akademik, Ahmad Wardimin, mengawali tahun ajaran baru diadakan kegiatan bagi siswa baru dan lama. Siswa baru mengikuti kegiatan Matsama ( Masa Ta’aruf Siswa Madrasah ) tanggal 12 – 14 Juli 2021.
“Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan kegiatan orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada siswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. sebelum pelaksanaan proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyyah (MI) sampai dengan Madrasah Aliyah (MA),” papar Ahmad Wardimin disela-sela mengisi materi Matsama, senin (12/7/2021)

Melalui kegiatan MATSAMA inilah, lanjut Ahmad Wardimin, para siswa baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah. Diharapkan proses pelaksanaan MATSAMA ini akan menjadi titik awal dalam rangka ikut menentukan keberhasilan atau tidaknya seluruh proses pembelajaran di Madrasah pada masa berikutnya.

Selain Matsama bagi siswa baru, MAN 1 Surakarta juga mengadakan kegiatan bagi siswa kelas 11 dan 12 yang dikemas dalam acara “Kuliah Umum Kelas 11 dan 12”. Acara ini digelar sebagai untuk mempersiapkan siswa dalam menyambut tahun ajaran baru. Karena tidak dapat dipungkiri, siswa kelas 11 dan 12 sudah melewati pembelajaran darurat di tahun ajaran sebelumnya.

Menurut kepala MAN 1 Surakarta Slamet Budiyono, perlu ada pendekatan yang intens buat siswa agar lebih siap menyambut tahun ajaran baru.
“Persiapan itu berupa pemberian informasi seputar pembelajaran daring di masa pandemi, muatan kurikulum serta informasi penting lainnya,” kata Slamet Budiyono. Selain itu, lanjutnya, juga memberikan motivasi dan inspirasi pada para siswa agar selalu menjaga semangatnya dalam melalui pembelajaran daring. Tampil sebagai narasumber, selain kepala madrasah, juga wakil kepala bidang kurikulum, Ahmad Wardimin, Dewan Asatidz Ali Muhson serta staf Waka kurikulum Churun Maslachah. (rsd/my/bd)