Launching Bintang MTQ, Karanganyar Berharap Menjadi Bumi Al-Quran

Karanganyar – Antusiasme umat Islam di Bumi Intanpari terhadap Al-Qur’an begitu tinggi. Hal ini dapat dilihat dari perhelatan Grand Launching Pembibitan dan Pelatihan Mengaji Murotal Tilawah Al Quran (Bintang MTQ) di halaman Masjid Agung Kabupaten Karanganyar, Selasa, 30 Desember 2014.

Tidak kurang dari 400-an peserta mendaftarkan diri mengikuti sekolah tilawah yang diprakarsai oleh seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Pemerintah Daerah dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Karanganyar.

Panitia kegiatan yang juga penyuluh agama Islam Kabupaten Karanganyar, Sri Budiyanti mengatakan bahwa peserta yang sudah mendaftar berjumlah 372 orang, dimana terdiri dari 145 laki-laki dan 227 perempuan.

“Jumlah peserta yang mengikuti sekolah tilawah kemungkinan terus bertambah, karena sampai acara Grand Launching Bintang MTQ ini berlangsung, masih banyak orang yang mendaftarkan diri menjadi peserta”, terang Sri Budi.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa sekolah tilawah bintang MTQ ini diikuti tidak hanya dari kalangan pelajar saja, namun dari berbagai profesi seperti pegawai negeri, tentara, wiraswasta, hingga beberapa tokoh agama di Kabupaten Karanganyar.

“Semua peserta yang terdaftar sudah diseleksi dan dikategorikan berdasarkan kemampuannya. Kelas A untuk peserta yang sudah bisa melantunkan ayat suci Al Quran dengan lagu, Kelas B untuk peserta yang sudah baik membaca ayat suci Al Quran, dan Kelas C untuk peserta yang belum lancar membaca ayat suci Al Quran. Mereka semua akan dikuliahi selama 26 kali pertemuan, atau enam bulan. Peserta terbaik akan mendapat penghargaan dan uang pembinaan, kemudian dipromosikan untuk mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun depan”, lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Mustain Ahmad menyampaikan harapan tinggi terhadap penyelenggaraan sekolah tilawah Bintang MTQ ini.

“Dengan antusiasme peserta sekolah tilawah Bintang MTQ, kita semua berharap agar Kabupaten Karanganyar kedepannya menjadi bumi Al Qur’an. Mutiara yang selama ini terpendam akan muncul dan melantunkan ayat suci Al Quran. Kemudian akan lahir bintang-bintang MTQ dari Kabupaten Karanganyar”, harap Mustain.

Acara Grand Launching Sekolah Tilawah Bintang MTQ diresmikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, dengan memberikan kitab suci Al Quran secara simbolik kepada dua orang peserta. (Hadi)