Libur pun, Siswa-Siswi Ini Tetap Bertanggung Jawab Piket Kelas

Rembang — Liburan sekolah yang seharusnya dinikmati untuk keluarga dan dirinya sendiri tidak berlaku untuk peserta didik di MTsN 4 Rembang. Selama libur sekitar dua Minggu, mereka tetap  mendapatkan tugas dari madrasah, yaitu piket membersihkan kelas.
Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengatakan, tugas ini memang sengaja diberikan oleh pihak madrasah untuk  melatih siswa menciptakan lingkungan  tempat belajar menjadi bersih, rapi, dan nyaman. “Walaupun libur, kamj tetap memberikan tugas piket kepada siswa untuk membersihkan kelas secara bergantian,” kata Masrum.
Dikatakannya, dengan piket ini, lingkungan madrasah akan tetap bersih, membuat kelas indah untuk dipandang, sehingga mampu menghadirkan iklim kondusifitas dan mampu meningkatkan semangat belajar para peserta didik. 
“Kegiatan piket kelas tidak sebatas membersihkan kelas secara fisik saja, tapi juga non fisik, yaitu dapat menginternalisasi siswa dalam belajar bertanggung jawab, jujur dan disiplin,” lanjut Masrum.
Kegiatan ini juga sebagai salah satu upaya penanaman pendidikan karakter terhadap peserta didik sejak dini. “Dengan piket kini, kami ingin membiasakan siswa untuk hidup sehat dan bersih dalam lingkungan sekolah,” sambungnya. 
Setiap pagi siswa-siswi masuk sesuai jadwal kelas dengan membersihkan kelas, merapikan kelas, menata bangku kelas, menghapus papan tulis dan membuang sampah pada tempatnya.
Jadwal jam masuk piket siswa sesuai jadwal masuk madrasah, yaitu jam 07.00 WIB – selesai. Pelaksanaan kegiatan piket dimulai pada hari rabu (19/12/2018) sampai senin (31/12/2018). Untuk yang melaksanakan piket hari pertama adalah kelas 7.1 dan kelas 8.5.
Masrum mengungkapkan banyak manfat yang dapat dipetik dengan menerapkan piket kelas pada siswa. Padahal sebenarnya petugas atau karyawan kebersihan madrasah sudah ada. Menurutnya manfaatnya antara lain melatih siswa bertanggung jawab, jujur, dan belajar team work.
“Yang terpenting adalah belajar mengemban amanah, karena secara tidak langsung siswa mendapatkan amanah membersihkan ruangan kelas,” pungkasnya. –dwi/iq/bd