LPP RRI Surakarta bekerjasama dengan LPTQ Kota Surakarta Gelar Pekan Tilawatil Qur’an Tahun (PTQ) 2018

Surakarta – LPP RRI Surakarta menyelenggarakan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke 49 tahun 2018, di komplek RRI Surakarta, Sabtu (19/5). Kegiatan yang dilaksanakan pada awal Ramadan 1439 H kali ini melombakan tiga kategori, yakni tilawah, tausiyah, dan cerdas-cermat isi kandungan Al-Quran.

Kepala RRI Surakarta Said Abdillah menjelaskan, kegiatan PTQ ,merupakan agenda rutin yang diselenggarakan RRI di seluruh Indonesia.PTQ dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kontribusi RRI dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa melalui berbagai lomba pada kegiatan tersebut.

“PTQ ini salah satu media untuk kaderisasi para calon pendakwah, sekaligus sebagai upaya meningkatkan kualitas pemahaman akan isi kandungan Al-Qur’an bagi generasi muda. Alkhamadulillah. Pesertanya melebihi dari yang ditargetkan” katanya dalam sambutan Pembukaan PTQ tingkat RRI Surakarta.

Kepala RRI Surakarta  juga berharap, kegiatan ini dapat melahirkan generasi muda intelektual muslim nantinya mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa di tengah perkembangan globalisasi.

“Harapan kami para peserta dapat mengimplementasikan isi kandungan Al-Qur’an. Dan bagi para juara tentunya masih ada waktu berlatih sebelum mengikuti PTQ Tingkat Nasional,” imbuhnya.

Sementara itu   Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) Kota Surakarta sekaligus Koordinator Dewan Hakim H. Charis Muanis mengatakan, PTQ tahun ini diselenggarakan bekerjasama dengan berbagai sekolah,Perguruan tinggi, Pesantren, Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta dan pihak-pihak terkait, baik dalam penjurian maupun penjaringan peserta.

“Ini merupakan wujud nyata sinergi kami dengan para mitra dan stakeholder terkait secara bersama-sama meningkatkan kapasitas keilmuan dan mendorong generasi muda untuk mengerti, memahami dan melaksanakan isi kandungan Al-Qur’an,” paparnya.

Dijelaskan Charis Muanis, lomba Tilawah diikuti 55 peserta putra-putri, tausyiyah diikuti 56 peserta putra-putri, serta cerdas cermat isi kandungan Al-Qur’an diikuti 25 grup dengan tiga orang peserta setiap grupnya.

Menurutnya, para juara dari masing-masing kategori lomba akan menjadi duta RRI Surakarta dalam gelaran PTQ Tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Sumenep akhir Ramadan. (rma/Wul)