LPTQ menggelar MTQ Pelajar ke-30 tingkat Provinsi Jawa Tengah

Boyolali – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah, pada tahun 2015 ini merupakan kali ke-30 MTQ Pelajar diselenggarakan yang mengambil lokasi di Kabupaten Boyolali mulai tanggal 27 sampai dengan 30 Juli 2015. Adapun tema yang diusung dalam MTQ Pelajar ke-30 “Dengan MTQ Pelajar ke-30 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Kita Ciptakan Masyarakat yang Agamis untuk menuju Kesejahteraan Umat yang Kondusif dan Harmonis”.

Pembukaan MTQ Pelajar ke-30 berlangsung di halaman Kantor Bupati Jalan Merdeka Barat Komplek Perkantoran Terpadu Kemiri Boyolali, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Bupati Boyolali, Ketua DPRD Kab. Boyolali, Bupati/Walikota se Jawa Tengah, Kapolres Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Boyolali, Kakankemenag Kab/Kota se Jawa Tengah, Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah, Pengurus LPTQ Provinsi Jawa Tengah dan Panitia MTQ Pelajar ke-30 Tingkat Prov. Jawa Tengah.

Ketua Umum LPTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Ahmadi menyampaikan bahwa even tingkat provinsi ini dapat terselenggara berkat dukungan penuh dari pemerintah provinsi Jawa Tengah khususnya Gubernur Jawa Tengah.

MTQ Pelajar baru terselenggara di Jawa Tengah, ini membuktikan LPTQ Provinsi Jawa Tengah sangat perhatian terhadap pengembangan dan pemahaman nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran, disamping dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah khususnya Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo yang telah mengalokasikan anggaran bagi program kerja LPTQ Provinsi Jawa Tengah,” ungkap Ahmadi mengawali laporannya.

MTQ Pelajar yang berlangsung selama 4 hari ini terbagi dalam 6 (enam) majelis, adapun ke-6 majelis tersebut antara lain : Majelis I Cabang Tartil SLTP/MTs putra-putri dan Tilawah SD/MI putra berlokasi di Masjid Ageng Kab. Boyolali Komplek Perkantoran Terpadu Kemiri, Majelis II Cabang Tartil SLTA/MA putra-putri dan Tilawah SD/MI putri berlokasi di SMK N 1 Mojosongo Jalan Boyolali-Solo KM.1 Mojosongo, Majelis III Cabang Tilawah SLTP/MTs puta-putri dan Tartil SD/MI putra berlokasi di Gedung Panti Marhaen Jalan Duren No. 10 Boyolali, Majelis IV Cabang Tilawah SLTA/MA putra-putri dan Tartil SD/MI putri berlokasi di Aula SMA Negeri 1 Jalan Kates No. 8 Boyolali, Majelis V Cabang Tahfidz 1 Juz dan Tilawah SLTP/MTs putra-putri berlokasi di Aula SMK Negeri 1 Jalan Perintis Kemenrdekaan Boyolali, dan Majelis VI Cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah SLTA/MA putra-putri berlokasi di Pendopo Alit Rumah Dinas Bupati Jalan Merbabu No. 48 Boyolali.

Ahmadi menegaskan bahwa, “Tujuan penyelenggaraan MTQ Pelajar yang saat ini kita laksanakan guna meningkatkan dan mendorong semangat pelajar dalam memahami dan menghayati Al Qur’an agar menjadi generasi muda ilmuwan, Qur’ani, berakhlakul karimah, maju, mandiri serta mampu beradaptasi dengan modernisasi dan menepis akibat negatif dari pengaruh globalisasi.”

Kakanwil menambahkan, “MTQ Pelajar merupakan sarana yang sangat tepat untuk saling mengenal, mempererat jalinan silaturrahim antar pelajar, sehingga mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan serta makin menumbuhkan rasa solidaritas di kalangan pelajar dan generasi muda Islam. Selain sebagai syiar keagamaan dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika ini, juga mampu menumbuhkan nuansa spiritualitas umat yang penuh dengan kedamaian dan Rahmatan lil ‘aalamiin bukan dengan kekerasan serta menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.”

Terakhir Ahmadi menyampaikan selamat bermusabaqah kepada seluruh peserta dan kepada segenap Dewan Hakim menyampaikan terima kasih atas bantuannya dan selamat melaksanakan tugas dengan transparan dan dengan penuh tanggung jawab, semoga Allah SWT senantiasa memberikan ridlo dan menurunkan berkah-Nya.

Even MTQ Pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan ditandai pemukulan bedug didampingi Bupati Boyolali Seno Samudro dan Ketua Umum LPTQ Provinsi Jawa Tengah Ahmadi, serta penyerahan piala bergilir dari Bupati Kudus kepada Ketua Panitia untuk selanjutnya diperebutkan dalam MTQ Pelajar ke-30 tingkat Provinsi Jawa Tengah.(gt)