Luar biasa…!! 115 Siswa MAN 1 Surakarta Lolos Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

Surakarta – Masa-masa indah itu telah berlalu. Kebersamaan tiga tahun bersama guru, teman dan sahabat telah dilewati. Rasa syukur dan haru menyelimuti seluruh siswa MAN 1 Surakarta yang telah menyelesaikan studinya. Bertempat di Auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, perhelatan wisuda siswa MAN 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 digelar, Selasa (15/4). Acara yang menjadi puncak dari kegiatan kelas XII ini dihadiri pula oleh orang tua/ wali siswa.

Menurut ketua panitia wisuda, Sri Mulyono, sebanyak 407 siswa dinyatakan lulus dan diwisuda.

“Mereka berasal dari program IPA, IPS, dan keagamaan. Alhamdulillah sebagian besar telah lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, baik jalur SNMPTN, SPAN PTKIN, dan beberapa jalur mandiri yang lain seperti politeknik, sekolah kedinasan, dan lainnya sejumlah 115 orang, yang tersebar di berbagai perguruan tinggi terkemuka seperti IPB, Undip, UNS, Universitas Pertamina, Universitas Telkom, Poltekkes, dan beberapa yang lain. Bahkan ada salah satu siswi atas nama Hanifa Dinda, yang lolos beasiswa Strata 1 di Cheng Shiu University Taiwan,” kata Sri Mulyono dalam laporannya.

Acara yang digelar dalam suasana yang meriah namun khidmat ini, juga diumumkan siswa yang berhasil meraih nilai rata-rata terbaik Ujian Nasional (UN) dan Ujian Madrasah Berstandar Nasional (UMBN) dari masing-masing kelas. Juga diumumkan siswa yang meraih nilai ujian nasional 100 yang tahun ini diraih oleh ananda Nabila Alifia Nurul Hanifah dari program keagamaan untuk mapel Hadist. Selain itu juga diberikan secara simbolis piagam ketrampilan program workshop kepada siswa untuk keahlian Maintenance Repair Komputer, Tata Busana, dan Kesekretariatan.

Prosesi wisuda diawali dengan masuknya barisan Batik Carnival hasil kreasi siswa jurusan tata busana program workshop, yang diikuti oleh siswa kelas XII dari seluruh program. Juga tampil tari Tor-tor yang ikut memeriahkan suasana. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MAN 1 Surakarta oleh tim paduan suara. Mars MAN 1 Surakarta merupakan ciptaan bapak Suharsono, guru MAN 1 Surakarta.

Dalam sambutannya setelah prosesi wisuda, Slamet Budiyono selaku Kepala MAN 1 Surakarta, merasa sangat berbahagia dengan pencapaian yang diraih siswa MAN 1 Surakarta.

“Alhamdulillah bahwa anak-anak kami mampu mengukir prestasi yang patut dibanggakan. Kesemuanya merupakan hasil kerjasama dari semua pihak, baik guru, karyawan dan juga orang tua. Tidak mungkin anak-anak kita bisa mencapai prestasi tinggi tanpa kerjasama yang baik. Selanjutnya saya juga berdoa semoga siswa MAN 1 Surakarta banyak yang diterima di SBMPTN. Karena setiap tahun jumlah yang diterima lebih banyak dari jalur non tes. Kepada siswa yang sudah diterima di perguruan tinggi, saya berpesan agar tetap menjaga marwah MAN 1 Surakarta sebagai madrasah yang akan selalu berikhtiar menciptakan generasi yang islami dan berprestasi,” kata Slamet Budiyono.

Sementara Muslim Umar, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, mengucapkan selamat atas wisuda siswa MAN 1 Surakarta. “ Saya merasa bangga bahwa MAN 1 Surakarta semakin menunjukkan kelasnya, baik dibidang akademik dan non akademik. Semoga ke depan MAN 1 Surakarta tidak lagi hanya menjadi alternatif pilihan siswa melanjutkan studinya, namun sudah menjadi pilihan pertama, apalagi MAN 1 Surakarta juga telah mencanangkan sebagai “World Class Madrasah” dengan menggandeng UPSI Malaysia, sehingga akan semakin menjadi pilihan masyarakat, karena madrasah lebih baik, lebih baik madrasah,”kata Muslim Umar mengakhiri sambutannya. (rma/Wul)