Madrasah mampu berprestasi di tingkat nasional

Rembang — Peserta didik madrasah didorong untuk selalu berprestasi. Berbagai wahana pengasahan kompetensi di bidang akademik maupun ketrampilan untuk semua lembaga pendidikan formal, utamanya madrasah, harus menjadi salah satu perhatian utama bagi pengelola madrasah untuk memacu peserta didik turut berperan serta dalam perhelatan kompetensi tersebut.

Demikian dikemukakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim kepada seluruh Kepala Madrasah se-kabupaten Rembang, pekan lalu. Imbauan tersebut ditandaskan sebagai persiapan menghadapi Ujian nasional, Ajang Kompetensi Sains Madrasah (KSM) dan Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) tahun ini.

Jasim mengatakan, madrasah yang kini tak lagi dipandang sebelah mata oleh masyarakat harus mampu meningkatkan kualitas pendidikan peserta didiknya. Tak sebatas pada pengetahuan saja, peserta didik harus didorong untuk mengasah dan menunjukkan bakat dan ketrampilan yang dimilikinya.

Hal ini, sambungnya, harus dipersiapkan sedini mungkin. Beliau meminta kepada Kepala madrasah agar mempersiapkan para peserta didik untuk mengikuti kedua program tersebut dengan bekal maksimal.

“Seiring dengan lima budaya kerja kementerian Agama, maka tidak ada alasan bagi pimpinan madrasah untuk tidak memfasilitasi peserta didik mempunyai prestasi setinggi mungkin, bahkan hingga ke tingkat nasional. Integritas yang tinggi dan sikap memiliki Kementerian Agama akan mendorong madrasah untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik, sehingga Kementerian Agama akan semakin tercitrakan positif”, tegasnya.

Beberapa waktu lalu, dalam ajang Aksioma, kontingen Rembang mendapatkan beberapa kejuaraan. Jasim berharap, dengan persiapan yang matang dan maksimal, prestasi akan dapat ditingkatkan, dan kejuaraan yang diperoleh bisa bertambah.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Drs. H. Mohammad Ali anshory menambahkan, disiplin merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan. Peserta didik yang terus dilatih untuk selalu menerapkan disiplin akan menunjang keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuannya, antara lain berprestasi dalam perhelatan kompetisi.—Shofatus Shodiqoh