Lawan Covid-19, Ratusan Santri Ponpes ARIS Ikuti Vaksinasi

Kendal – Dukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal meninjau pelaksanaan vaksinasi di pondok pesantren putri ARIS Kaliwungu, Senin (20/9).

Kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk santri dan pemberian paket sembako ini merupakan program bakti sosial dari alumni Akpol Angkatan 97 yang menyasar sebanyak 600 santri. Hadir dalam kesempatan ini Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St, M.K.,Bupati Kendal, Dico M Ganinduto B.Sc.

Dalam jumpa persnya, Kapolda Jateng mengatakan, bantuan sosial dan vaksinasi ini dilakukan oleh alumni Akpol 97 yang sudah melakukan pengabdian selama 25 tahun, program ini dilakukan secara serentak di seluruh Polda, tak terkecuali di Polda Jateng.

“Kegiatan ini terus akan kami lakukan dengan harapan, peningkatan vaksinasi massal untuk meningkatkan herd immunity dan menggerakkan roda ekonomi dengan jalan masyarakat kita sudah tervaksin,” ujar Kapolda Jateng.

Menurut Bupati Dico, selain di pondok pesantren, pelaksanaan vaksinasi ini juga terus dilakukan di tempat lain, dan pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi tiga sektor, yaitu pendaftaran melalui online, melalui Pemerintah Desa dan melalui tempat seperti pondok pesantren.

“Diharapkan dengan dengan adanya tiga konsep pendaftaran vaksinasi seperti ini, pelaksanaan vaksinasi ke depan bisa lebih cepat lagi, dan harapannya vaksin sekarang sudah lebih banyak didatangkan di Kabupaten Kendal, sehingga penyerapannya harus lebih ditingkatkan agar bisa lebih maksimal,” kata Bupati Dico.

Dukungan penuh disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, H. Mahrus yang mengatakan bahwa ponpes menjadi tempat penting untuk program vaksinasi massal. Sebab ponpes memiliki pengaruh yang besar di masyarakat untuk ikut mensosialisasikan pentingnya vaksin.

“Giat vaksinasi  yang dilakukan di pondok pesantren ini insyaAllah akan juga mendorong kesadaran dan kemauan masyarakat untuk divaksin,” harapnya.

Meskipun saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal mulai melandai. Hal itu menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk menggencarkan serangan melawan virus Corona dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan giat vaksinasi. (bel/rf)