Madrasah Mampu Bersaing

BATANG – Kepala Kanwil Kementerian Agama Prov. Jawa Tengah Farhani, mengatakan bahwa “Pendidikan Madrasah secara Nasional selama 3 tahun ini mengalami peningkatan kwalitas yang sangat pesat terbukti mampu bersaing dalam berbagai kompetisi secara nasional dan jawa tengah menjadi juara umum utama”. Hal tersebut disampaikan dalam acara Sosialisasi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Madrasah (UM) yang diselenggarakan oleh Kantor Kemanag Kab. Batang di Gajah Mada Spot Ceter Kamis (21/03). Acara tersebut dihadiri oleh 160 peserta yang terdiri dari kepala MI dan MTs se-Kabupaten Batang.

Perkembangan serta perubahan dalam dunia pendidikan dewasa ini berjalan semakin cepat baik kwalitas maupun kwantitas. Hal ini disebabkan karena adanya kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi sehingga melahirkan fenomena globalisasi. Segala peristiwa dan perubahan di Negara maju dengan cepat sampai ke berbagai Negara yang sekaligus akan menerima dampak baik positif maupun dampak negatif.

“Disamping kwalitas, kwantitas secara Nasional Pendidikan Madrasah terutama Madrasah Ibtidaiyah (MI) jumlah siswanya selalu meningkat dibanding dengan siswa SD. Perkembangan penduduk secara statistik dinilai standard dan seimbang tetapi dalam Pelaksanaan Penerimaan Siswa Didik Baru MI meningkat lebih banyak dibanding PPDB SD” ujar Farhani. Hal itu membuktikan bahwa Pendidikan Madrasah secara kwantitas juga mampu bersaing dengan pendidikan umum lainnya. Dan itu terjadi tentunya tidak terlepas karena adanya peningkatan kwalitas.

Sarana Prasarana Pendidikan di Lingkungan Kementerian Agama tahap demi tahap juga meningkat dan menjadi lebih baik. Alokasi anggaran dana pendidikan pun bertambah cukup besar yaiyu 60 triliun lebih se indonesia. Sehingga kesejahteraan Pegaiwai dan Guru Kementerian Agama semakin meningkat dengan adanya Tunjangan Kinerja, Tunjangan Profesi Guru, Tunjangan Fungsional dan lain sebagainya.

Lembaga Survay Nasional menilai kementerian Agama menduduki urutan terbaik nomor 2 setelah kementerian kelautan. Namun demikian kita tidak boleh terlena dan harus tetap berusaha terus untuk lebih baik dan lebih baik lagi sehingga tidak menutup kemungkinan tunjagan kinerja dapat dinaikkan menjadi 80%

Berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Farhani berpesan kepada para guru dan pegawai untuk turut serta mensukseskan UAMBN dan UM agar dapat berjalan tertib, lancar sesuai aturan dan lulus 100% dengan nilai yang baik.