Madtsansa Ikuti Madrasah Award Indonesia 2021 Kategori Siswa Berprestasi

Banjarnegara – MTsN 1 Banjarnegara mengikuti ajang Madrasah Award Indonesia (MAI) Tahun 2021 pada kategori siswa berprestasi, yang digelar oleh Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Kementerian Agama RI.

Pada kategori lembaga ini, MTs N 1 Banjarnegara (Madtsansa) mengirimkan video melalui tayangan Youtube yang di unggah pada Senin, (22/11/21). Vanina Mutiara merupakan salah satu siswa berprestasi yang diajukan di MTs N 1 Banjarnegara untuk mengikuti MAI ini.

Dalam video yang diunggah pada laman youtube tersebut, Vania menguraikan profil dirinya mulai dari prestasi, serta pengalaman selama dua tahun menjejaki pendidikan di Madtsansa.

“Saya Vanina Mutiara lahir di Banjarnegara 20 Desember. Memasuki jenjang pendidikan di MTs N 1 Banjarnegara, saya mengikuti OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) dan menjabat sebagai sekertaris,” jelasnya.

Sebagai prestasi, Vanina juga pernah mendapatkan rengking pararel pasca kelas 7. Dirinya mampu bersaing dengan 227 siswa tingkat kelas 7 di MTs N 1 Banjarnegara. Tidak hanya akademik, Vanina juga pernah mendapatkan prestasi non-akademik berupa kejuaraan mengikuti lomba pidato pada acara lomba pitulasan Madtsansa, yang diadakan OSIM Madtsansa 2020/2021 dan meraih juara satu.

“Selain itu, pada tingkat provinsi saya pernah meraih juara harapan dua, dengan tema pidato patriotisme santri milenial di era new normal yang diselenggarakn oleh MAN 1 Kebumen,” ujar Vanina.

Dirinya mengaku bahwa sedari kecil sudah terbiasa dengan kegiatan membaca dan menulis. “Melaui kebiasaan itu, tumbuhlah rasa cinta literasi hingga aku mulai berani untuk mengeluarkan pandangan serta ide ideku lewat sebuah karya, waktu itu aku menjadi juara dua dalam lomba menulis essay tingkat nasional yang diadakan oleh IZE Fest Sekolah Cendika Baznas,” sambungnya.

Keyakinan untuk terus melangkah, Vanina juga terus mencoba untuk mengikuti berbagai lomba untuk meraih berbagai penghargaan. Baru baru ini Vanina mendapatkan penghargaan Bronze Smart Gardening System by Android pada tingkat International Science and Engeneering.

“Bagiku anak muda menjadi agent perubahan, dan tiap seseorang pasti memiliki bakat dan minat yang berbeda. Untuk meraih prestasi. tinggal kita mau meninggalkan atau mau melanjutkan.” tutupnya.

Dengan begitu Vanina juga mendorong kepada teman teman Madtsansa untuk terus mengasah kreatifitas diri untuk meraih prestasi. (ran/ak/rf)