Majlis Talim Bina Mualaf Karanggondang Tasorufkan Zakat Produktif

Jepara – Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) mentasharufkan 6 ekor kambing bantuan  pendampingan dana zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah kepada para muallaf yang tergabung dalam Majlis Taklim (MT) Bina Muallaf Karanggondang Kec. Mlonggo Kabupaten Jepara. 29/04

Pentasharufan zakat produktif ini dalam rangka pendampingan umat dalam bidang ekonomi khususnya untuk para muallaf yang mempunyai kategori fakir dan miskin. Dengan harapan selain menguatkan sisi ekonomi, para muallaf beristiqomah dalam mengikuti kegiatan taklim ibadah sholat dan bimbingan membaca al Qur’an. Kegiatan pendampingan ini menjadi satu solusi adanya empati dalam bidang dakwah bagi para muallaf, sehingga mereka tidak sendiri dalam memeluk agama Islam. Bahkan menjadikan ajang  silaturrahmi dan berinteraksi sosial antara para penyuluh Agama Islam dengan mereka.

Lebih lanjut diharapkan oleh Ketua MT Bina Muallaf Karanggondang Badrudin, pendampingan bagi muallaf akan terus menerus dimonitoring, dan dievaluasi agar sesama para muallaf memperoleh keberkahan dengan zakat produktif ini. Selain ini perlu juga peningkatan sinergi jaringan dengan Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat lainnya, bahkan dengan instansi yang bersedia mengembangkan pemberdayaan bagi para muallaf khususnya mereka yang tergolong kelompok marginal.

Diantara enam muallaf yang menerima pentasharufan kambing produktif tersebut adalah: Ibu Darmiyati Ploso, Ibu Kusmiyati Ngipik, Ibu Yuni Sulewati Paluan, Bapak Parno Bancak, Bapak Sariyono Kemangi dan Bapak Sudarso Balong Arto. Dengan wajah berbinar dan perasaan terharu mereka menerima kambing produktif dan siap untuk bersedekah setelah berkembang.(Siti Choiriyah Muslim/bd)