TBM Sakila Kerti Juara III Nasional

Tegal-  Taman Baca Masyarakat (TBM) Sakila Kerti yang berada di dalam Komplek Terminal Bus Tegal berhasil menoreh prestasi di tingkat nasional, yaitu dengan meraih juara III untuk kategori pengelola TBM terbaik, seperti yang disampaikan oleh salah satu penyuluh agama  islam, Darsiti, Senin (31/07)  di KUA Kecamatan Margadana.

Dalam kesempatan tersebut, Darsiti mengatakan bahwa TBM Sakila Kerti yang mewakili Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih juara di tingkat nasional dalam Lomba Apresiasi Guru dan Tenaga kependidikan, baik anak usia dini maupun pendidikan masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas).

Kesuksesan yang diraih TBM Sakila Kerti, lanjut Darsiti tidak terlepas dari peran penyuluh agama islam Kemenag Kota Tegal yang merupakan mitra dalam rangka membebaskan buta aksara alqur’an.

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah dan diiringi dengan kebanggaan yang tak terhingga kepada yang maha Kuasa, walaupun hanya seminggu duakali saya memberikan pencerahan kalbu kepada semua pengasong dalam menuntun baca tulis alqur’an, tapi hasilnya sangat menggembirakan “ungkap Darsiti sambil berkaca-kaca.

Dengan menoreh prestasi juara III di tahun 2017, maka saya optimis di tahun yang akan datang bisa lebih baik dari tahun ini setidaknya juara I atau II, “imbuh Darsiti

Menurut informasi TBM Sakila Kerti sudah berdiri sejak tujuh tahun yang lalu, tapi baru kali ini bisa membuahkan hasil yang sangat menggembirakan di tingkat nasional, ternyata kuncinya adalah semua pengasong begitu antusias dalam belajar dan belajar.

Oleh karena itu Darsiti berharap, perjuangan dengan landasan amar ma’ruf nahi mungkar harus terus kita perjuangkan untuk memperdayakan warga terminal, mudah-mudahan hasil yang sudah kita raih akan menjadi barometer, khususnya lingkungan terminal dan Kota Tegal pada umumnya.

Dia juga berharap, TBM di Kota Tegal menjadi TBM yang berkelanjutan, dapat membangun kepercayaan masyarakat untuk mencerdaskan masyarakat, “pungkas Darsiti. (IM/rf)