Maju Tingkat Nasional, Penyuluh Agama Islam Asal Wonosobo Kontingen Kanwil Jateng, Raih Juara Harapan 1

Wonosobo – Usai berhasil menjadi Juara 1 Pemilihan Penyuluh Teladan tingkat Provinsi, Achmad Fauzi, yang mulanya maju sebagai Kontingen Kantor Kemenag Kabupaten Wonosobo, maju mewakili Kantor Wilayah Jawa Tengah ke Tingkat Nasional Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan, dan berhasil Meraih Juara Harapan 1.

Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional yang kesepuluh tersebut, berlangsung di Jakarta pada, Kamis (9/8) lalu, dan diikuti oleh seluruh Kantor Wilayah Kementerian Agama yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selama pemilihan penyuluh, Achmad Fauzi mengatakan, ada berbagai kegiatan yang harus di Ikuti selama pemilihan di Jakarta.

“Selain membuat video profile terkait keseharian kegiatan yang saya lakukan dan di bawa atau di kirim ke Jakarta untuk menjadi bahan penilaian, ada beberapa agenda lainnya yang harus dilakukan. Seperti halnya presentasi kegiatan apa yang menjadi terobosan Penyuluh Agama Islam untuk menebarkan nilai keislaman. Saya sendiri mengambil terobosan yakni “Inovasi Penyuluh Berantas Buta Aksara Al-Qur’an,” dengan menerapkan pembelajaran Al Quran melalui teman sebaya dengan teknik setoran materi setiap hari di RUTAN Wonosobo,” ungkap Fauzi.

Pihaknya juga membeberkan, presentasi yang dia ambil merupakan salah satu kegiatan kesehariannya untuk memberikan pembinaan Agama Islam kepada penghuni rutan, yang sudah mendapat ijin dari Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, dengan dibuktikannya MOU antara Rutan dan Kantor Kemenag Wonosobo.

Selanjutnya, dari data yang di peroleh menyebutkan, adapun hasil Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Nasional, yakni hasil juara Penyuluh Teladan tingkat Nasional ke sepuluh, juara kategori PNS, harapan 3 Sumatera Barat, harapan 2 Bali, harapan 1 Jawa Tengah. Sedangkan juara ketiga Jatim, juara kedua Gorontalo dan juara pertama Jogjakarta. 

Sementara untuk Juara kategori Non PNS yakni Harapan 3 DKI Jakarta, Harapan 2 Babel, Harapan 1 kalimantan barat, dan Juara 3 Jogjakarta, Juara 2 Kalimantan Utara, dan Juara 1 Jawa Timur. Selanjutnya untuk pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan periode selanjutnya akan di langsungkan pada 2019 mendatang. (PS-WS/Sua)