Maknai Hari Pahlawan, Tim Pramuka MTsN 2 Wonosobo Sinergi Dengan Perhutani

Wonosobo – Bertepatan dengan peringatan hari Pahlawan Nasional (10/11), Pramuka Gugus Depan 047/048 Pangkalan MTsN 2 Wonosobo menerima bibit pohon pemberian dari Perum Perhutani BKPH Wonosobo sebagai wujud kerjsama atas proposal yang diajukan oleh pihak Madrasah beberapa waktu yang lalu.

Perum Perhutani merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mempunyai Program Kemitraan (PK) sangat bermanfaat, karena membantu peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat juga upaya pelestarian hutan dan lingkungan.

Salimah Humas MTs N 2 Wonosobo menuliskan, bibit pohon yang telah diterima selanjutnya akan diteruskan dalam kegiatan kampanye lingkungan untuk ditanam di daerah-daerah kritis.

Sementara itu, sembari memberikan bibit, Suyoko, selaku Mantri resort Anggrunggondok berpesan kepada agar bibit yang diberikan tersebut bisa dipelihara dan dimanfaatkan sebaik- baiknya. Ia juga mengapresiasi inisiatif gudep 047/048 yang sudah mengajukan proposal kerjasama kepada Perhutani, “semoga ini menjadi salah satu ikhtiar pembina pramuka dalam rangka pembentukan karakter siswa yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.” Kata Suyoko.

Senada dengannya, Pembina Pramuka Gugus Depan 047/048 MTs Negeri 2 Wonosobo, Marchati Solelhah, menyampaikan harapannya dengan kegiatan penghijauan akan membantu pemerintah dalam rangka mengatasi bencana akibat gundulnya lahan juga memberikan pemahaman dan pelajaran kepada masyarakat tentang pentingnya penghijauan dan pelestarian lingkungan serta  sekaligus menanamkan karakter siswa peduli lingkungan.

“dalam pelaksanaan di lapangan nantinya diharapkan dapat menambah kesadaran masyarakat terkait pentingnya penyelamatan alam dan pelestarian lingkungan didaerah kritis yang merupakan sasaran program ini,” tandasnya.

Sementara itu Kepala MTs Negeri 2 Wonosobo sekaligus sebagai Kamabigus, H. Yatiman. menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi kepada PT Perhutani BKPH Wonosobo  yang telah membantu memberikan edukasi pendidikan karakter tentang peduli lingkungan, “semoga bantuan dan kerja sama ini akan membantu bahkan semakin melengkapi serta  menyempurnakan program madrasah dalam rangka suksesnya kegiatan adiwiyata secara keseluruhan.” Tandasnya.

Sinergi tersebut lantas mendapat apresiasi Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid. Ia mengatakan Pendidikan kepada siswa bisa diajarkan melalui berbagai model, “dengan mengajarkan peserta didik untuk menjalin kerjasama dengan pihak eksternal, secara tidak langsung kita juga mengajarkan tentang Teknik lobby dan komunikasi. Hal itu baik untuk menjadi bekal peserta didik kedepannya,” kata Farid.

Ia berharap berbagai macam keilmuan dapat diberikan kepada peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang positif. Ia berpesan agar setiap kegiatan untuk tetap diperhatikan tentang keselamatan jiwa peserta didiknya. Slm-ws