MAN 1 Kedungwuni Siapkan Atlit

KAJEN – Seluruh atlet pemenang Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017 yang diadakan Kemenag Kabupaten Pekalongan di Kompleks Islamic Center Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, baru-baru ini diminta mempersiapkan diri menjelang kompetisi serupa di tingkat Provinsi Jateng.

Salah seorang panitia Asrori mengatakan, persiapan sejak dini perlu dilakukan agar para atlet benar-benar siap dan menorehkan prestasi di tingkat provinsi. “Persiapan yang dilakukan bisa mulai dari kesiapan mental, kesehatan hingga materi sesuai dengan cabang lomba kompetisi masing-masing,” katanya.

Namun untuk mendukung harapan bersama dalam prestasi itu, dibutuhkan peran aktif semua pihak seperti pemerintah daerah hingga orang tua. “Kami sendiri dari tim akan berusaha mempersiapkan atlet agar bisa menjawab tantangan yang ada,” tuturnya.

Target Emas

Menurutnya, di ajang Aksioma dan KSM di tingkat Provinsi, dia menargetkan bisa memperoleh emas sebanyak-banyaknya agar mampu menjadi wakil Provinsi Jateng di tingkat nasional. “Sesuai dengan rencana, Aksioma dan KSM 2017 tingkat provinsi akan diadakan di Boyolali. Mudah-mudahan kami semakin lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang panitia lainnya, Wasimin mengatakan, dasar kegiatan Aksioma dan KSM ini adalah petunjuk teknis Aksioma dan KSM tingkat nasional yang akan diadakan pada Agustus mendatang, di Yogyakarta serta arahan Kepala Kanwil melalui Kasi Pendidikan Madrasah (Penma) Kabupaten di tingkat provinsi. ”

“Tujuan kegiatan itu adalah terseleksinya atlet berprestasi Aksioma dan KSM tingkat provinsi yang akan menjadi wakil dalam laga di tingkat nasional,” ucapnya. Beberapa cabang lomba yang dilombakan dalam Aksioma ada cabang seni dan olahraga. Dia cabang seni ada hadrah, tahfidz, menyanyi, kaligrafi, pidato bahasa Arab, pidato bahsa Inggris, pidato bahasa Indonesia, dan musabaqah tilawatil quran (MTQ).

Di cabang olahraga ada bulu tangkis, tenis meja, dan futsal. “Bagi para pemenang di tingkat Provinsi akan mendapatkan trofi, piagam, dan berhak maju ke kompetisi tingkat nasional,”ucapnya.(hf/rf).