MAN 1 Surakarta Pamerkan Robot Sampah di Be Kraft Habibie Festival

Surakarta – MAN 1 Surakarta berpartisipasi dalam acara Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraft) Habibie Festival Teknologi dan Sains yang digelar di Museum de Tjolomadoe, Karanganyar, Jum'at – Ahad (20-22/4). Acara ini mengusung  tema “Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru untuk masa depan yang lebih baik”.

Festival ini menampilkan teknologi dan inovaai di berbagai bidang, diantaranya kedirgantaraan, digitsl start up, virtual reality, perbankan, property, makerland, 3D printing, festival makanan, bazaar, kriya dan lain-lain. Dalam kesempatan ini MAN 1 Surakarta menampilkan robot sampah ” Trash Zaman Now” karya siswa program Boarding School, yang pernah menjadi juara pertama kompetisi robotik tingkat nasional tahun 2017.

Menurut penanggungjawab program Boarding School, Wardimin, melalui festival ini ingin mengenalkan lagi robot sampah kreasi siswa MAN 1 Surakarta. MAN 1 Surakarta mendapat undangan resmi dari panitia agar menampilkan robot sampah yang fenomenal.

“Hal ini tentu sangat membanggakan karena prestasi siswa kami diapresiasi secara nasional,” kata Wardimin.

Sementara itu kepala MAN 1 Surakarta, Slamet Budiyono, sangat berbahagia karena MAN 1 Surakarta bisa ambil bagian dalam festival yang sangat bergengsi ini.

“Tentu saja rasa syukur selalu kami panjatkan kehadirat Allah swt bahwa prestasi siswa madrasah bisa berdampingan dengan inovasi-inovasi lain,” ujarnya. “Ini juga menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kualitas, salah satunya dengan mengembangkan kreasi robotik dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler,” imbuhnya.

Slamet mengharapkan semoga kiprah siswa tersebut madrasah  bisa semakin di kenal masyarakat. Madrasah pasti bisa!. (rma/Wul)