MAN 1 Tegal Raih Juara 1 Lomba Cipta Puisi dan Baca Puisi Tingkat Jawa Tengah

Slawi – MAN 1 Tegal berhasil mengukir prestasi di tingkat Jawa Tengah. Kali ini Muhammad Faturroji (XII IPA 1) meraih juara 1 Tingat Jawa Tengah dalam lomba cipta puisi, Bunga Muawanah (XII IPA 3) juara 3 Lomba Cipta Puisi dan Zulfa Putri (XII AGM 2) menjadi juara 1 lomba Baca Puisi Tingkat Jawa Tengah pada Lomba KOBI (Kompetisi Bahasa Indonesia) yang diadakan oleh Prodi PBSI UPS Tegal tingkat SMA/MA/SMK se-jawa tengah. Dalam lomba cipta panitia memberikan tema yang dapat dipilih yaitu kemanusian, sedangankan lomba baca puisi panitia meminta agar peserta membacakan puisi karya Chairil Anwar.

Teknis perlombaan adalah peserta membuat puisi sesuai tema yang ditentukan kemudian dikirim melalui link google form yang sudah diberikan panitia di WA group. paling lambat dikirim 8 Juli 2021. Sedangkan lomba baca puisi peserta wajib mengirimkan video baca puisi pada akun instagram peserta. Pada Rabu (28/7) panitia mengumumkan pemenang melalui akun resminya.

Kepala MAN 1 Tegal Nurhayati memberikan apresiasi kepada siswanya yang telah meraih juara 1 lomba cipta dan baca puisi tingkat jawa tengah. “Kami bangga memiliki anak didik yang berprestasi. Selain melakukan pendampingan dalam belajar, kami juga mendorong anak didik untuk mengali bakat masing-masing melalui lomba-lomba,” ujar Nurhayati.

Puisi yang antarkan Zulfa Aulia juara 1 baca puisi berjudul “Karawang – Bekasi.” yang menggambarkan perjuangan Semangat perjuangan mereka begitu bergelora, walau kemudian mereka terpaksa harus mati muda. Tetapi, semangat kepahlawanan mereka tidak pernah padam. Setiap saat, rasanya mereka bangkit dan ikut maju ke medan perang. Bagi mereka, pekerjaan belumlah selesai. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga, tetapi kematian telah menyergap mereka sehingga tidak dapat lagi membuat perhitungan atas gugurnya 4 sampai 5 ribu sahabat mereka. Pembimbing lomba cipta dan baca puisi Lukman Nur Rismanto sangat bersyukur siswanya dapat menjadi juara dalam ajang tersebut. “Tentunya hal ini berkat kerja keras mereka yang hampir 2 bulan latihan dan mau capek, untuk kedepannya agar tetap semangat berlatih serta jangan cepat berpuas diri.” Ucap Lukman. (nuris)