MAN 2 Pati Raih Juara Pada Popda Tingkat Jateng

PATI – Dua atlet karate putra asal MAN 2 Pati, Avecena Maulana Rifqi (XI IPA 1) dan Fathur Rohman (XI IPA 2) berhasil menyabet medali perunggu dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Propinsi Jawa Tengah 2018 di Unisbank Semarang, pada tanggal 6–8 Mei 2018 kemarin. Avecena menjadi juara III di kelas kumite–55 kg dan Fathur di kelas kumite-50 kg perorangan putra. Hal ini disampaikan oleh Kepala MAN 2 Pati Hari Sutarmo, di ruang kerjanya, Jum’at (11/5/2018)

Dalam Popda tingkat SMA/MA/SMK tingkat Jawa Tengah, Kabupaten Pati mengirimkan lima atlet. Mereka berhasil menyumbang dua perak dan tiga perunggu, papar Sutarmo.

Sebelumnya, Avecena dan Fathur mengikuti seleksi Popda di tingkat kabupaten lolos hingga tingkat karesidenan, imbuhnya.

Sementara menurut pelatih, Monik Pamungkas mengatakan, seleksi di tingkat eks Karesidenan Pati di Rembang dinilai cukup berat karena harus menghadapi atlet dari Kabupaten Jepara. Namun mereka berhasil melewatinya dan berlaga di tingkat provinsi, ujar Monik.

“Alhamdulillah, di provinsi juara III. Ini prestasi luar biasa mengingat beberapa daerah dengan tradisi atlet karate yang kuat seperti, Solo, Salatiga, Pekalongan dan Semarang, dapat dikalahkan oleh mereka,” jelasnya.

Menurut Avecena, selama pertandingan, dia tidak berpikir apapun kecuali bisa menampilkan aksi terbaiknya. Terlebih lagi lawan-lawannya banyak yang berpostur lebih besar dan jam terbang yang tinggi. “Saya hanya menuruti perintah pelatih, bertanding sebaik mungkin baik dari teknik, power dan speed,” katanya.
Selain prestasi tersebut, Avecena peserta didik MAN 2 Pati telah meraih prestasi di Kejuaran Jepara Open 2018 se Jateng- DIY, menyabet medali emas (Juara I) di kelas kumite -55 kg.
Sebagai ungkapan kebanggaan atas prestasi yang telah diraih oleh peserta didik diatas, Harir Sutarmo selaku kepala MAN 2 Pati memberi pengharagaan berupa bebas SOP 4 bulan. (Nasik/Athi’/bd)