MAN Tengaran Menuju Kampus Paperless

Ungaran – Ditengah boomingnya pelaksanaan UNBK di tingkat Madrasah Aliyah, MAN Tengaran Kab. Semarang berupaya melaksanakan program serupa untuk setiap ulangan harian yang dilakukan. Dengan laboratorium komputer yang semakin memadai, kini MAN Tengaran tidak kerepotan lagi untuk menggunakan komputer sebagai sarana belajar siswa, disamping ada perpustakaan dan laboratorium kimia sebagai pendukungnya.

Ditemui di ruang kantor madrasah beberapa waktu lalu, Guru TIK MAN Tengaran Slamet Hanafi menuturkan, program ulangan harian online ini sejatinya telah dirintis sejak 3 tahun lalu. Menurutnya, awal-awal diuji cobakan kegiatan ini terkendala dengan SDM yang minim dari para guru. Namun seiring berjalannya waktu, kini di MAN Tengaran sudah tidak ada lagi istilah gaptek yang melekat pada diri guru, siswa maupun pegawainya. ” Dulu saya harus bolak-balik ke laborat bila ada guru yang mau mengadakan ulangan harian. Tapi semua saya maklumi  karena memang di aplikasi tersebut saya yang tau detailnya” ungkapnya.

Slamet menjelaskan bahwa setiap guru yang mau melakukan ulangan harian online, cukup membuka portal MAN Tengaran untuk selanjutnya menulis soal di laman internet yang disediakan. Dengan demikian, nantinya masing-masing siswa langsung dapat mengakses soal yang harus dikerjakan tanpa menunggu soal dibacakan dahulu oleh guru. “Insya Allah saya selalu siap membantu bila ada kendala teknis terkait ulangan harian online” ujar Slamet.

Sebagai Madrasah Aliyah dengan ratusan siswa yang dimiliki, MAN Tengaran kini telah mensejajarkan diri dengan sekolah umum lainnya dengan berbagai unggulan yang dimiliki termasuk salah satunya ulangan harian online ini. Menurut Slamet, untuk jaringan, pihak madrasah menggunakan software yang legal dan tidak berbayar sehingga memudahkan setiap kegiatan yang mengharuskan memakai aplikasi.

Sementara itu menurut M.Fuad selaku kepala MAN Tengaran, program ulangan harian tanpa kertas ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM madrasah di tengah meningkatnya arus globalisasi. Dengan sarana prasarana yang dimiliki serta SDM yang memadai, dirinya berharap kedepan MAN Tengaran mampu menjadi kampus yang paperless. “Semoga MAN Tengaran kian berprestasi dan diminati” pungkasnya. (shl/gt)