Manasik Haji Ajarkan Haji Sejak Dini

Salatiga — Melalui kegiatan praktek manasik haji kecil Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Salatiga mengajarkan tata cara ibadah haji sejak usia dini. Acara tersebut diikuti 13 MI di Kota Salatiga yang terdiri dari seluruh siswa siswi kelas 4, 5 dan 6 di lapangan MI Perwanida Kota Salatiga, Rabu (26/09). Dalam acara tersebut lapangan MI Perwanida disulap seakan akan Arafah, pasalnya di sana didirikan tenda-tenda. Sementara para peserta menggunakan pakaian ihrom.

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Fahrudin, merasa bangga dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan manasik haji yang dilakukan  setiap tahun oleh Siswa siswi MI di Kota Salatiga.

”Desain pelatihan manasik haji kecil ini betul betul tampak seperti manasik haji sesungguhnya,” terang Fahrudin.

Fahrudin, berkomitmen akan terus mendorong kegiatan ini ataupun yang serupa, sehingga anak-anak di Kota Salatiga bisa memahami tata cara haji sejak dini.

Menurut Fahrudin, kegiatan tersebut dapat membentuk karakter generasi emas Indonesia. ”Dalam pelatihan manasik haji ini ada peningkatan demensi spiritual, moral dan sosial. Kegiatan ini sangat positif. Tujuannya untuk mengenalkan ibadah haji pada anak-anak sejak usia dini,” katanya.

Fahrudin menambahkan, terkait hal tersebut latihan manasik haji MI Kota Salatiga tidak hanya sekedar memperkenalkan sejarah ibadah haji dan pembekalan pemahaman berupa materi-materi seputar haji. “Yang terpenting adalah menanamkan nilai-nilai spiritual, terutama dengan mengajarkan kepada para siswa praktek ibadah haji dan mengajarkan kalimat-kalimat thayyibah dan talbiyah,” pungkas Kepala Kantor.

Rochani selaku Ketua Panitia menjelaskan tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan. “Kegiatan ini selain untuk menanakan konsep haji sejak dini juga untuk melatih anak untuk bersabar dan diharapkan mampu memotivasi anak untuk menuaikan ibadah haji,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kemenag Kota Salatiga, Forkompinda, Ketua DMI Kota Salatiga, Pimpinan OPD dan Camat. Kegiatan pelatihan manasik haji kecil MI se-Kota Salatiga mendapatkan sambutan positif oleh para wali siswa. ( KK-Mnc/gt)