Manera Laras Sambut Duta Besar Belanda Di Pendopo Rembang

Rembang (19/4) – Grup karawitan MAN Rembang, Manera Laras kembali didampuk untuk tampil di acara penyambutan rombongan keluarga Raden Ayu Kartini serta kedutaan besar Belanda di Indonesia, di Pendopo Museum Kartini, Rembang, tadi malam (18/4).

Ratusan pasang mata tampak menikmati suguhan gending jawa Maeran Laras dan Grup Keroncong dari Polres Rembang. Rombongan tamu ini memang khusus diundang oleh Dinas Pariwisata Rembang guna menyambut peringatan Hari Kartini.

Dalam penampilannya, Manera Laras menyuguhkan enam gending jawa yaitu gending kebo giro, manyar sewu, ginonjing, nyidam sari, suwe ora jamu serta semangat juang 45. Dari enam gending itu hanya gending Ginonjinglah yang menjadi gending kesukaan Raden Ayu Kartini. Para tamu undangan pun tampak sangat menikmati suguhan gending jawa semalam.

Atas penampilan yang apik tersebut, Kepala KanKemenag Rembang Atho’ilah menyampaikan apresiasi positif kepada Manera Laras di bawah asuhan Kepala MAN Rembang, Muhammad Yunus Anis. “Suara sinden serta nada karawitannya pas serta enak didengar,” tandas Atho’ilah.

Kehormatan

Hadir dalam acara semalam, segenap jajaran pejabat Forkominda Kabupaten Rembang. Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya mengatakan, kedatangan rombongan keturunan RA Kartini merupakan suatu kehormatan besar bagi Kabupaten Rembang karena bagaimanapun jasa-jasa RA Kartini begitu besar bagi negara Indonesia.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto. Dikatakannya, pihaknya sangat berterimakasih atas kedatangan rombongan keluarga RA Kartini serta Kedutaan Belanda. “Kedatangan ini merupakan  sebuah kehormatan bagi Rembang yang merupakan tempat tinggal RA Kartini dan tempat perjuangan Kartini dalam beremansipasi,” kata Purwanto.

Jodi Joyodiningrat yang merupakan canggah dari RA Kartini  mewakili keluarga keturunan RA Kartini mengungkapkan terimakasih kepada Kabupaten Rembang karena telah mengundang hadir. “Kami sangat berterimakasih karena kami bisa mengunjungi salah satu rumah Eyang Kartini yang ada di Rembang,” tandas Jodi.

Sementara Mr. Michael Chock mewakili kedutaan besar Belanda mengungkapkan terkesima dengan penyambutan yang diberikan oleh Pemkab Rembang. Terlebih dengan karawitan dan keroncong. (tj/ss/bd)