Matrik, Petakan Realisasi Serapan DIPA

Salatiga – Dalam rangka evaluasi pelaksanaan DIPA dan menindaklanjuti pembinaan pegawai oleh Sekretaris Jendral Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga menyelenggarakan Rapat Evalusi Triwulan I. Rapat yang dipimpin oleh Kepala Kantor diikuti Kepala Seksi, Penyelenggara, Bendahara, Perencana dan Humas bertempat di Ruang Kepala, Selasa (10/04).

Adapun tujuan rapat untuk mengetahui jalannya proses pemerintahan yang ada di Kankemenag Kota Salatiga, termasuk di dalamnya pelaksanaan program kerja yang telah disusun oleh masing-masing Seksi dan Penyelenggara, serapan DIPA yang ada pada Seksi dan penyelenggara serta permasalahan yang ada dalam pelaksanaan program kerja.

Kankemenag Kota Salatiga, Fahrudin mengatakan berdasarkan pemaparan dari Sekretaris Jendral Kementerian Agama , target serapan DIPA Kementerian Agama pada semester pertama adalah 60%. Target tersebut sangat mungkin tercapai oleh Kankemenag Kota Salatiga apabila pelaksanaan program kerja yang ada pada DIPA dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah disusun  pada awal tahun. “Target tersebut dapat tercapai bila kita bekerja sesuai jadwal,” ujar Fahrudin.

Pelaksanaan Program kerja yang telah ditetapkan hendaknya sesuai dengan target yang tepat sasaran. Hal ini juga secara tidak langsung dapat membantu capain kinerja Kementerian Agama, lanjutnya. Berbagai program kerja Kementerian Agama yang melibatkan pengurus ormas ataupun yayasan hendaknya dilaksanakan sesuai target. Program kerja yang dilaksanakan tetap sasaran dapat membantu Kementerian Agama melaksanakan tugas dan fungsinya melayani masyarakat, dan itu merupakan nilai Plus. ”Program kerja harus sesuai target dan tepat sasaran,” tegasnya.

Ditambahkan oleh Fahrudin, untuk mengejar serapan anggaran tersebut maka Kasi dan Penyelenggara berpedoman pada matrik kegiatan. “Dengan matrik kegiatan tersebut dapat dipantau kegiatan yang sudah dilaksanakan ataupun yang belum dilaksanakan,” pungkasnya.

Selanjutnya Kasubbag Tata Usaha, Muhammad Soleh Mubin menyampaikan sampai saat ini capaian serapan DIPA pada Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga masih berada di kisaran angka 15 % hal ini dikarenakan pada awal tahun Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga masih dipengaruhi oleh proses mutasi jabatan dan penyesuaian dengan tupoksinya dengan jabatan yang baru. “Dengan sisa waktu tiga bulan dapat lebih kencang mengejar target capaian target yang ditetapkan,” harap Mubin. (KK/gt)