Melestarikan Budaya Asli Jawa Sekaligus Mengenang Jasa-Jasa RA Kartini

Temanggung Hari Kartini bagi bangsa Indonesia merupakan momentum untuk mengingatkan kembali akan perjuangan Kartini dalam berjuang terhadap emansipasi wanita. Dan dapat menjadi inspirasi bagi semua wanita untuk tetap mempunyai semangat perjuangan sebagaimana yang dilakukan Kartini.

Dalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2018, IGTKM menyelenggarakan Lomba Geguritan yang diselenggarakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Senin (21/04). Kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta yang yaitu utusan dari setiap Kecamatan 1 peserta.

Dalam sambutannya Ketua GOPTKI, Suad Jauharoh mengatakan tujuan diselenggarakannya lomba ini yakni untuk menambah ilmu pengetahuan tentang geguritan dan memperkenalkan budaya jawa ke anak-anak sejak dini.

“Tujuan kegiatan ini yakni untuk melestarikan budaya asli Jawa sekaligus mengenang jasa-jasa RA Kartini semasa masih hidup dan juga untuk menanamkan semangat Kartini dan sikap Nasionalisme pada guru RA,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan : GOPTKI akan menyelenggarakan lomba seni untuk anak usia dini, Menyampaikan Harapan agar YPMNU mempunyai RA percontohan untuk menjadi Lembaga Sekolah Sehat, RA tidak hanya unggul dalam hal kuantitas, tetapi juga berkualitas.

Sementera sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Drs. H. Saefudin, M.Pd yang membuka kegiatan tersebut  mengapresiasi adanya kegiatan lomba geguritan untuk guru RA,  disamping itu dikatakan bahwa  tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni untuk melestarikan Bahasa Jawa dan Budaya Jawa yang saat ini sudah mulai tergeser dengan bahasa dan budaya lainnya.

Pesan beliau lomba dilaksanakan secara sportif. Harapan kedepan ditambah lomba fashion show untuk memberikan penghargaan atas penampilan dari ibu-ibu kepala RA yang telah berkostum Kartini. (nm/sr)