Memupuk Kepedulian Siswa Dengan Kegiatan Indonesia Clean Up Day

Tegal (Slawi) – Siswa-siswi MTs. N 3 Tegal  bersama Bapak/Ibu Guru, Staff TU dan Karyawan, mengadakan kegiatan Bersih Madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 September 2018 bertempat MTs N 3 Tegal, kegiatan yang bernama ICUD (Indonesia Clean Up Day) ini diadakan serentak di seluruh Indonesia, dan MTs N 3 Tegal ikut berpartisasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ICUD (Indonesia Clean Up Day)  diikuti 930 Siswa MTs N 3 Tegal. Kegiatan kebersihan ini dimulai dari membersihkan ruang kelas masing-masing yang di pandu dan di kawal oleh wali kelas masing-masing. Dilanjutkan dengan kegiatan pengarahan dari Kepala Madrasah dan Waka Kesiswaan,  dengan inti kegiatan  yaitu membersihkan lingkungan Madrasah.

Menurut Kepala Madrasah Siti Fasikha, “Dari kegiatan ICUD (Indonesia Clean Up Day) ini juga banyak sekali nilai-nilai dan karakter positif yang bisa dikembangkan diantaranya adalah kerja sama, gotong royong dan peduli lingkungan. Lingkungan madrasah yang bersih dan sehat akan meningkatkan semangat belajar siswa,” ujar Fasikha.

Sugiharso selaku Waka Kesiswaan menambahkan, gerakan ini diharapkan bisa berjalan secara kontinyu untuk terus memupuk kepedulian dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap kebersihan lingkungan.

Apalagi  MTs N 3 Tegal berlokasi di daerah yang memiliki kuntur tanah yang subur mengakibatkan rumput cepat tumbuh dengan mudah dan menghijau sehingga memerlukan perhatian serta penanganan khusus dari semua warga Madrasah.

“Semoga kesadaran siswa terhadap kebersihan dan lingkungan akan lebih meningkat lagi, khususnya di MTs N 3 Tegal. Dengan demikian kebersihan lingkungan madrasah akan terus terjaga dan permasalahan kebersihan akan makin mudah ditanggulangi. Kuncinya adalah komitmen dan kerjasama dari seluruh warga madrasah untuk terus menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan madrasah, kegiatan bersih-bersih ini selaras dengan kegiatan rutin MTs N 3 Tegal disetiap minggu ke-4 pada hari Jum`at dengan kegiatan Jum`at bersih.” pungkasnya. (Mhs/yd)