Menjaga Generasi Penerus melalui MAPSI

Boyolali (Humas) – Lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Seni Islami (MAPSI) adalah lomba mata pelajaran pendidikan agama islam yang dipadukan dengan seni islami pada tingkatan sekolah dasar. Penyelenggaraan MAPSI tersebut mempunyai tujuan Pengenalan agama islam terhadap murid sekolah dasar dapat menjaga mereka dari arus perubahan jaman.

“Dengan MAPSI, diharapkan anak anak kita di sekolah dasar dapat terjaga dari pengaruh arus perubahan zaman”

Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Boyolali, Nurudin, dalam sambutan pembukaan MAPSI ke 21 kabupaten boyolali pada rabu (10/10) di lapangan sunggingan kabupaten boyolali.

Selanjutnya, nurudin menyampaikan kepada para guru bahwa tanggung jawab pendidikan agama pada murid sekolah dasar terletak pada guru pendidikan agama islam. bagaimana seorang murid memahami agama islam tergantung bagaimana guru menerangkan agama islam terhadap murid. Hendaknya seorang guru memperlakukan murid seperti memperlakukan keluarganya sendiri agar pemahamam murid terhadap islam yang rahmatan lil ‘alamin menjadi ruh dalam kehidupan beragama.

“Jaga dirimu dan keluargamu dari api neraka, kalau bagi guru, keluarga itu termasuk murid, maka ajarkanlah islam yang baik, yang santun, yang rahmatan lil ‘alamin kepada para murid” ujarnya.

Nurudin juga berpesan agar para murid yang menjadi juara dipersiapkan dengan matang untuk maju pada lomba MAPSI tingkat Provinsi Jawa Tengah. Mempersiapkan para juara dengan memberikan tambahan pengajaran untuk memperdalam materi lomba baik mata pelajaran maupun seni islami yang akan mereka ikuti pada tingkat provinsi jawa tengah.

“Latih anak yang menjadi juara, gladi dengan sungguh – sungguh agar dapat menampilkan yang terbaik di tingkat provinsi nanti” pungkasnya

Penyelenggaraan mapsi tingkat kabupaten boyolali kali ini memperlombakan 10 cabang perlombaan dan diikuti oleh 455 peserta se kabupaten boyolali. diarapkan dengan diselenggarakannya MAPSI dapat terpilih murid yang benar benar berkualitas untuk selajutnya diikut sertakan pada lomba MAPSI tingkat Jawa Tengah di wonogiri pada November mendatang. (Jaim)