MTs N 1 Banjarnegara Selesaikan Akurasi Input Nilai ARD Secara Serentak

Banjarnegara – Setelah selesai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester genap di tahun ajaran 2020/2021, selanjutnya guru MTs N 1 Banjarnegara menginput nilai melalui Aplikasi Raport Digital (ARD) kepada siswa/siswi yang telah mengikuti pelajaran selama satu semester.

Tepat hari Sabtu, (12/6) bertempat di Laboratorium Komputer para guru mapel dan juga wali kelas secara teliti menginput data ARD, mulai dari nilai harian serta nilai akhir tahun.

Operator ARD MTs N 1 Banjarnegara, Jafar Ali Pramoedya menjelaskan pengisian ARD sebenarnya cukup mudah, Hal ini karena guru mata pelajaran hanya diminta memasukkan nilai harian untuk tiap kompetensi dasar dan hasil Penilaian Akhir Tahun (PAT). Sedangkan data siswa, kompetensi dasar, dan lain sebagainya dibantu operator ARD.

“Operator telah menyiapkan segala sesuatunya, sehingga guru tinggal mengisi nilainya saja,” ujar Jafar saat ditemui di ruang komputer.

Perlu diketahui, guru harus mengolah terlebih dahulu nilai latihan, nilai ulangan, ulangan tengah semester, hingga penilaian akhir tahun.

“Sementara, untuk pengisian nilai, kami minta sesudah semua nilai diolah terlebih dahulu agar proses penginputan bisa lebih cepat,” tukas Jafar.

Sebelumnya, Jafar juga menyampaikan dalam implementasinya masing-masing guru diberikan username dan pasword untuk login ke akun masing-masing. Kemudian guru tersebut melakukan penginputan nilai dengan cara mengunduh template yang ada sesuai nilai yang akan diinput. Setelah terisi, guru kemudian mengpload kembali ke aplikasi dan melakukan singkronisasi.

Yuniati selaku Waka Kurikulum MTs N 1 Banjarnegara berharap para guru dapat menyelesaikan penginputan nilai ke Aplikasi Raport Digital (ARD) tepat waktu.

“Dengan tepat waktu maka pembagian raport dapat dilaksanakan sesuai dengan waktunya. Saya juga berharap semoga para guru bisa menguasai ARD dengan cepat sebagai wujud jawaban arus tantangan zaman,” pungkasnya (risky/ak/rf)