Merekatkan Tali Silaturahmi Berbentuk Pamitan JCH

Grobogan – Sebanyak 902 calon jemaah haji dari Kabupaten Grobogan pamitan kepada Bupati Grobogan, berlangsung di Pendopo Grobogan, Rabu (01/8). Acara pamitan Calon Jamaah Haji (CJH) tahun 1439 H/2018, dihadiri oleh Bupati Grobogan, Plt Kemenag Grobogan, Polres Grobogan, Dandim Grobogan, Kejaksanaan, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Ketua IPHI dan Pimpinan Perbankan Penyetor ONH, TPHI, TPiHI, TKPD, TKHD serta seluruh calhaj Kab.Grobogan.

Saat menyampaikan laporannya Asisten III Kabupaten Grobogan, Amadi Widodo selaku ketua panitia penyelenggara, mengatakan bahwa kegiatan pemberangkatan haji merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun, dan untuk menunjang kegiatan itu Pemerintah Daerah Kabupaten Grobogan mengadakan pamitan haji dengan tujuan untuk merekat jamaah haji Kabupaten Grobogan dan silahturahmi sesama jamaah haji. Dan  nantinya dari pemberangkatan sampai pemulangan jamaah haji bisa menjaga kekompakan dan kebersamaan, sehingga rukun sunnah dan wajib haji bisa dikerjakan dengan lancar dan tertib.

Dalam sambutannya Ibu Bupati Bantul Sri Sumarni menyampaikan bahwa menunaikan ibadah haji merupakan hal yang sangat diimpikan oleh umat Islam, untuk itu bagi calon jamaah haji yang sudah dipanggil untuk berangkat haji tahun ini harus disyukuri. Dimohon calon jama'ah haji untuk selalu menjaga kesehatannya dengan sebaik-baiknya agar dalam menjalankan semua rukun haji dari sunah maupun wajib haji dan selama di tanah suci selalu sehat serta menjaga gortong royong.

“Ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke 5, yang menjadi ibadah tersendiri atau wajib dilaksanakan umat islam yang mampu melaksanakan. Yang namanya rukun ibadah adalah sesuatu yang harus dilakukan, dan bila rukunya tidak dilaksanakan maka ibadahnya tidak syah. Seperti halnya sholat, bila ada salah satu rukun shloat tidak dilaksanakan maka sholatnya juga tidak syah,”ungkapnya.

Secara khusus saya mendoakan, tambah Bupati Grobogan, agar semua calon jamaah haji diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah haji hingga selesai dan pulang bisa membawa predikat haji mabrur.

Menurut keterangan Kasi Haji dan Umroh, Abdur Rouf, mengatakan pada tahun ini jumlah calon jamaah haji dari Kabupaten Grobogan sebanyak 902 orang. Yang terdiri dari petugas 2 TPIHI, 2 TPHI, 7 TPHD dan 9 TKHD serta 882 CJH. Untuk pemberangkatan haji tahun 2018 ada 4 CJH yang meninggal sebelum berangkat, mundur 2 dan dilimpah porsi 3 orang dengan ketentuan berangkat tahun 2019.

“Pemberangkatan calon jamaah haji dari Kabupaten Grobogan terbagi menjadi 3 (tiga) Kloter, yaitu Kloter 73, yang berangkat tanggal 6 Agustus 2018, pukul 14.30 WIB, masuk gel II bergabung dengan Kota Semarang (148 Calhaj) , Kloter 74, yang berangkat tanggal 7 Agustus 2018, pukul 05.30 WIB, Masuk gel II  (355 Calhaj), Kloter 75, yang berangkat tanggal 7 Agustus 2018, pukul 11.30 WIB, bergabung dengan Kab. Semarang Masuk gel 2 ( 340 calhaj ),” urai Rouf.(bd/sua)