MGBK MA Kota Semarang Melaksanakan PKB di Hotel Dalu Semarang

Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Semarang Dra. Hj. Sri Mulyati, M.Pd melakukan monitoring kegiatan PKB MGBK MA Kota Semarang di Hotel Dalu

Semarang – MGBK MA Kota Semarang kembali menggelar kegiatan pelatihan di Hotel Dalu pada hari Selasa, 16 November 2021. Kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang dicanangkan oleh Kementerian Agama dalam program madrasah reform yaitu program revolusioner reformasi madrasah yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang disupport penuh oleh World Bank yang bertujuan meningkatkan kualitas madrasah di seluruh Indonesia.

Ketua MGBK MA Kota Semarang, Rosidi menyampaikan bahwa kegiatan PKB bagi guru-guru BK MA Kota Semarang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru BK dalam memberikan layanan kepada peserta didik di madrasah sehingga dapat mengoptimalkan potensi-potensi yang dimiliki.

Pada kegiatan tersebut, Pengawas MA Kemenag Kota Semarang Hj. Sri Mulyati melakukan monitoring untuk memastikan kegiatan PKB telah berjalan sesuai dengan ketentuan dari Kemenag pusat. Pada sambutan yang diberikan, Sri Mulyati berpesan kepada Guru BK untuk dapat berperan efektif di madrasah dalam mengantarkan peserta didik menggapai cita-citanya. Guru BK harus bisa menjadi sahabat siswa sehingga peserta didik merasa nyaman dan aman jika mendapat bimbingan dan konseling. ujarnya.

Pada sesi pelatihan ini Fasilitator Provinsi BK, Solahudin menyampaikan materi tentang assessment dalam bimbingan konseling. Solahudin menyampaikan bahwa assessmen sangat penting bagi guru BK sebelum memberikan layanan BK karena merupakan langkah untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan peserta didik. (Rosidi-dm/bd)