Milad sebagai Evaluasi Prestasi Madrasah

Salatiga – Dalam rangka memperingati Milad ke-28,  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Salatiga mengadakan acara syukuran  di halaman MAN Salatiga, Senin (16/04). Adapaun tema Milad Mewujudkan Generasi Yang Unggul dan berakhlakul Karimah Untuk Menunjang Salatiga Sebagai kota Pendidikan. Serangkaian kegiatan disuguhkan untuk memeriahkan Milad ke-28  MAN Salatiga, mulai dari persembahan lantunan sholawat oleh Grup MAN Salatiga ,Tarian Sufi,  pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya  dan Mars Madrasah serta menampilakan Tahfiz dan Tahfidzhoh yang merupakan kreasi dan inovasi daripada siswa-siswi MAN Salatiga

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Fahrudin  memberikan semangat dan motivasi keapada seluruh siswa dan guru, berupa yel-yel penyemangat, yang disambut antusias oleh para guru dan murid, sehingga membuat semarak kegiatan milad tersebut.

“Penyampaian dan pengucapan yel-yel tersebut memiliki makna yang mendalam, harapannya kita semua yang berada dalam lingkungan madrasah, baik pimpinan, tenaga pendidik dan kependidikan serta seluruh peserta didik merasa memiliki madrasah, memiliki rasa untuk mengembangakan dan meningkatkan madrasah serta memiliki rasa untuk selalu menjaga nama baik dan prestasi madrasah,” tutur Fahrudin.

Ditambahkan oleh Kepala Kantor, terlebih pada era millennia, dimana teknologi informasi telah menguasai peradaban, seyogyanya pola pendidikan di MAN harus berbasis teknologi, disamping mampu memanfaatkan teknologi secara sehat, juga mampu merespon perubahan yang ada.

“Teknologi informasi digunakan secara baik dan benar, agar memperoleh hasil yang benar dan maksimal,” harapnya.

Kepala MAN, Handono mengungkapkan di usia yang ke-28 ini, MAN Salatiga telah banyak memperoleh prestasi baik di bidang akademik maupaun non akademik di tingkat Kota, Provinsi dan Nasional. Alumni MAN Salatiga juga telah menyebar di pelosok daerah dan telah berperan dalam berbagai bidang untuk membangun daerahnya.

“Saya berharap pada Milad ke-28 ini motivasi siswa dapat semakin meningkat dan siswa juga bisa lebih luas mengembangakan potensi yang dimilikinya. Mereka tidak terpaku dalam satu bidang. Siswa harus bisa mencapai apa yang mereka cita-citakan,” harap Handono.

Tampak hadir dalam milad tersebut Para sesepuh MAN, Komite Madrasah, Kasubag TU Soleh Mubin dan Kasi Pendidikan Madrasah Muhammad Miftah. (KK-MNc-Dwisur/gt)