MIM Pena Bekali Peserta Didik dengan Wirausaha

Purbalingga – Madrasah hebat adalah madrasah yang tidak hanya mencerdaskan peserta didiknya di bidang akademis saja. Tetapi juga dalam berbagai bidang lainnya, salah satunya bidang dunia wirausaha. Hal tersebut diungkapkan Kepala MIM Penaruban, Siti Nurlaely dalam komunikasinya, Rabu (3/4/2019) usai sukses menggelar kegiatan Market Day di madrasahnya.

Menurutnya, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Penaruban (MIM Pena) yang terletak di Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, selalu berusaha melahirkan ide-ide cerdas sebagai bagian dari kreatifitas dan inovasi pembelajaran dalam rangka membuktikan nilai tanggung jawab. Salah satunya dengan memberikan bekal kepada para peserta didik melalui kegiatan wirausaha sejak dini dalam bentuk kegiatan Market Day.

Market Day dilaksanakan dalam rangka penanaman karakter sejak dini kepada anak-anak, sebagai aplikasi kurikulum 2013. Dan kegiatan ini sekaligus melatih dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kreatif, mandiri, bisa bersaing sehat dan jujur,” jelasnya.

Laely menambahkan, kegiatan Market Day tahun ini berlangsung sukses dan meriah.

“Acara tersebut merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun. Sedikitnya ada 8 stand yang disiapkan oleh pihak madrasah, dengan beragam aneka jajanan makanan dan minuman sehat, alami hasil produksi para wali murid yang digelar di halaman madrasah, Jumat – Sabtu (29-30/3/2019) kemarin,”ungkapnya.

“Hari Jumat anak-anak kelas 1, 2 dan 3 yang berjualan. Dan hari Sabtu anak-anak kelas 4 dan 5 yang berjualan, sementara kelas lainnya dan para pengunjung atau wali murid bertugas sebagai pembeli. Dengan demikian terbangun simbiosis mutualisme,” terangnya.

Suasana di kompleks madrasah tersebut menjadi semakin meriah dengan kehadiran 2 orang badut dan alunan musik kentongan yang dimainkan anak-anak.  (sri_sar/    )