MIN Glesungrejo pelopori gerakan siswa peduli sampah

Wonogiri – Guna menumbuhkembangkan kepedulian lingkungan sejak dini sekaligus memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional, siswa dan guru MIN Glesungrejo Baturetno, Wonogiri kompak membersihkan sampah di jalan sekitar lingkungan Madrasah, Senin (27/2) dengan bertemakan wujudkan generasi cerdas perilaku peduli sampah sejak dini untuk selamatkan bumi.

Seperti di ketahui Hari Peduli Sampah Nasional merupakan peringatan atas terjadinya tragedi longsor sampah di Jawa Barat (21/2). Akibat kejadian tersebut lebih dari 150 jiwa menjadi korban dimana mayoritas korban merupakan penduduk sekitar TPA yang bekerja sebagai pemulung. Peringatan hari Peduli Sampah Nasional sangat penting artinya bagi kita. Hal ini dikarenakan Indonesia sekarang sudah darurat sampah.

Kepala MIN Glesungrejo, Nurul Aini berharap agar generasi muda agar selalu menanamkan rasa disiplin terhadap diri serta lingkungan termasuk peduli kebersihan sampah. “Ketika sampah bisa olah menjadi sesuatu yang bermanfaat, maka sampah tak lagi menjadi persoalan lingkungan”, imbuhnya.

Kegiatan aksi lingkungan ini selain di jalan juga bersih-bersih lingkungan Madrasah. Seluruh warga Madrasah baik dari unsur guru, karyawan dan siswa semuanya mengikuti kegiatan aksi ini. Kegiatan bersih-bersih ini meliputi kelas, taman, halaman madrasah, green house, rumah toga, kantin, ruang guru, kantor, musholla, dan Aula. Semua secara aktif dan bersemangat mengikuti acara ini.

Dalam kegiatannya mereka terbagi beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok membawa kantong plastik besar. Satu demi satu sampah yang berceceran dan dedaunan telah gugur pun dipungut oleh para siswa. Selain itu juga para siswa mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan dengan untuk tidak membuang sampah sembarangan harus pada tempatnya. (Mursyid_Heri/Wul)