MIN Wonogiri Gandeng Jawa Pos Selenggarakan Festival Literasi dan Seni

Wonogiri – Kecerdasan otak tak hanya penting di bidang akademik saja. Kemampuan di bidang nonakademik juga perlu diasah. Untuk itu, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wonogiri bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Solo menggelar Festival literasi dan seni tingkat Kabupaten Wonogiri, Kamis (19/10).

Adapun rangkaian kegiatan Festival literasi dan seni  yang di gagas Jawa Pos tersebut meliputi lomba mewarnai dan menggambar, pentas seni, paduan suara, penampilan pidato bahasa Madura serta tari-tarian.

Selain itu untuk  pertama kalinya, yel-yel ini dikenalkan Jawa Pos Radar Solo dalam kegiatan Festival Literasi. Dipimpin General Manajer Jawa Pos Radar Solo, Ananto Priyatno siswa MIN Wonogiri bersemangat menyanyikan tepuk literasi tersebut.

Sejak pagi, sebanyak 500 siswa MIN Wonogiri dan 70 peserta dari 7 TK/RA di Kabupaten Wonogiri sudah berkumpul di Gedung PGRI. Mereka sangat antusias mengikuti rangkaian Festival Literasi yang diselenggarakan MIN Wonogiri bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Solo tersebut.

Kepala MIN Wonogiri, Aris Suryanto  dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Jawa Pos Radar Solo yang berkenan menyelenggarakan Festival Literasi bekerjasama dengan MIN Wonogiri.

“Madrasah kami mengutamnakan anak-anak memiliki keunggulan dalam berkomunikasi sebagai bekal soft skill. Dengan Festival Literasi ini, berharap anak-anak semua dapat meningkatkan minat baca. Baik membaca buku maupun koran. Agar bisa menambah ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang,” harap Kepala MIN Wonogiri dalam sambutannya.

Sedangkan Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Subadi yang sempat hadir dalam acara tersebut menyampaikan turut senang dan bangga dengan kegiatan kerjasama tersebut dan berharap acara tersebut mampu meningkatkan kualitas akademik anak madrasah.

Saat ini  menurut H. Subadi Madrasah baik MI, MTs dan MA memiliki peran yang sangat besar dan strategis dalam upaya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara mengingat pendidikan di Madrasah merupakan bagian integral dari sistem Pendidikan Nasional di Indonesia.

Selanjutnya, siswa kelas 1-3 mengikuti lomba mewarnai sementara siswa kelas 4-6 mengikuti lomba Kuis Ranking 1. Lomba ini mendapat perhatian peserta dan orang tua murid yang datang menjemput. Keseruan terlihat saat peserta berebut menjawab pertanyaan.

Membuat suasana makin pecah. Festival Literasi diakhiri dengan pengumuman juara dan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Kuis Ranking 1. Farhan Naufal Rais Zain (juara 1), disusul Endraswari Dewi PW (juara 2), dan Muhammad Rayhan A (juara 3). Mursyid_Heri)