Mobile Branch Muamalat Permudah Layanan Haji

Banjarnegara (PHU) – Ada yang menarik dalam kegiatan monitoring pelunasan dan souvenir jemaah haji yang dilakukan oleh tim dari Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Bidang PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Salah satunya saat melakukan survey pada salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) yang beroperasi yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI).

“Sehubungan belum berdirinya Bank Muamalat di wilayah Kabupaten Banjarnegara, demi memberikan pelayanan kepada nasabah khususnya calon jemaah haji BMI Cabang Purwokerto membuka layanan melalui Mobile Branch,” ujar pegawai BMI Kantor Cabang Purwokerto, Linda, Jum'at (12/04).

Linda menerangkan bahwa antusias masyarakat Kabupaten Banjarnegara yang membuka rekening di Mobile Branch terbilang cukup besar. Terbukti saat Mobile Branch beroperasi di Kankemenag Kabupaten Banjarnegara tiap harinya nasabah yang mebuka rekening dan mendaftar haji rata-rata 3 s.d. 4 orang pendaftar.

“Selain kita menerima pendaftaran dan pelunasan haji, fasilitas lain yang ada pada Mobile Branch seperti layanan perbankan semisal setoran tabungan, tarik tunai, transfer rekening dan pembukaan Deposito,” jelasnya.

Terkait dengan souvenir yang dibagikan oleh Bank Muamalat kepada seluruh jemaahhaji yang telah melunasi berupa payung, tas kecil tempat batu kerikil, tas tempat sandal, bahan batik seragam haji, dan sajadah. Untuk calon jemaah haji pria ditambah kain ihrom dan yang wanita diberikan mukena.

“Souvenir lainnya yang tidak kalah pentingnya yaitu buku paket manasik haji dan umrah yang juga dibagikan kepada seluruh jemaah haji, dimana dalam satu paket tersebut terdiri dari tiga buku diantaranya buku tuntunan manasik haji dan umrah, buku doa dan zikir serta buku doa-doa pilihan,” tambahnya (vd/gt).