Monitoring UAMBN-BK di MTsN 2 Wonosobo, Kepala Kemenag Beri Motivasi Siswa

Wonosobo – Untuk memastikan pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) tahun 2019 di Wonosobo berjalan lancar, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo, M. Thobiq melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) UAMBN-BK hari kedua di MTsN 2 Wonosobo, Kamis (21/03).

Dalam monitoring tersebut, Kepala Kamenag Wonosobo, memberikan motivasi kepada para peserta sebelum melaksanakan UAMBN-BK MTsN 2 Wonosobo agar tetap semangat dalam mengerjakan soal-soal. Ia mengajak seluruh peserta UAMBN-BK agar disiplin dalam menjawab soal dan tidak terpengaruh apabila terdapat isu-isu jawaban yang beredar diluar mengenai kunci jawaban.

“Kerjakan soal dengan teliti dan berdoa agar mampu menjawab soal dengan baik. Fokus menjawab soal saja, jangan terpengaruh apabila beredar isu-isu kunci jawaban. Harus percaya dengan kemampuan sendiri, karena ujian ini merupakan sarana untuk mengetahui seberapa kemampuan diri masing-masing,” katanya.

Lebih lanjut, M. Thobiq juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras keluarga besar MTsN 2 Wonosobo sehingga bisa mewujudkan laboratorium komputer sesuai yang disampaikan pada UAMBN- BK tahun sebelumnya. Beliau berharap agar kedepan jumlah komputer ditambah dan ditingkatkan lagi kapasitas servernya.

“Saya berharap tahun depan jumlah unit komputernya ditambah dan kapasitas servernya ditingkatkan lagi, sehingga bisa pelaksanaan ujian berbasis komputer bisa berjalan lancar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Wonosobo, M. Abdul Malik menyampaikan, kegiatan UAMBN-BK  hari kedua di MTsN 2 Wonosobo berjalan lancar. Menurutnya, siswa datang tepat waktu sesuai jadwal yang dibuat Madrasah, yaitu pukul 06.30 WIB. Setelah semua siswa berkumpul, lanjutnya, kemudian dilaksanakan pembiasaan dalam rangka pembentukan aklaqul karimah yaitu sholat dhuha bersama dan mujahadah.

“Setelah selesai mujahadah siswa makan bersama dengan menu yang sudah disediakan Madrasah. Pada hari kedua ini semua siswa datang tepat waktu dan mengikuti kegiatan UAMBN-BK dengan tertib,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan UAMBN-BK hari kedua ini berjalan seperti hari pertama, hanya perbedaannya di hari kedua ini ada tamu istimewa yang melakukan monev yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo.

“Bukan hanya kedatangannya Kepala Kemenag saja yang menjadi hal istimewa bagi keluarga besar MTsN 2 Wonosobo, akan tetapi adalah kalimat motivasi dan apresiasinya yang membuat kami cukup lega dan tambah semangat,” tuturnya.

Disela-sela monev tersebut, Kepala MTsN 2 Wonosobo juga menyampaikan harapannya agar para siswa yang mengikuti UAMBN-BK mampu menjawab soal dengan benar dan jujur. Dengan begitu, maka semua siswa bakal mendapat ilmu yang manfaat dan mampu menjadi generasi yang memiliki integritas yang kuat serta menjadi harapan bangsa dan negara dimasa yang akan datang. (PS-WS/wul)