MTs Ma’arif Mandiraja Ikuti Webinar Adaptasi Empat Pilar Literasi Digital Untuk Siswa

Banjarnegara – MTs Ma’arif Mandiraja Kabupaten Banjarnegara mengikutkan peserta didiknya dalam kegiatan webinar “Adaptasi Empat Pilar Literasi Digital Untuk Siswa” yang diadakan oleh Kementrian Kominfo. Dalam kegiatan ini kami mengikutkan sebanyak 52 peserta didik yang duduk dikelas IX. Rabu,(22/9).

Nely Sofia Rahma selaku penanggung jawab dalam kegiatan webinar, menyatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik karena empat pilar mendasar dalam era digital yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Ketrampilan Digital, dan Keamanan Digital.

“Guru dan peserta didik serta orang tua harus mengetahui yang mana untuk menghadapi perubahan perkembangan sistem informasi dan komunikasi yang lebih cepat. Sehingga ketika berselancar kita perlu kecerdasan intelektual dan emosional dalam memilih informasi. Jangan sampai terpengaruh terhadap dengan berita yang belum tentu kebenarannya,” terangnya.

Beliau juga menyatakan semua yang kita lakukan di internet ada konsekuensinya dan pengguna harus bertanggung jawab. Ketika berselancar harus punya keinginan untuk meningkatkan derajat kemanusiaan dengan prinsip kebajikan. Itulah gunanya kita belajar empat pilar era digital.

Sementara itu peserta webinar, Nabilah Nur Ramadhania mengatakan sangat senang dan terbantu dengan diadakannya webinar ini karena banyak hal baru yang dapat saya ketahui tentang pilar literasi digital. Semoga webinar ini terus berlanjut sehingga banyak memberikan manfaat yang baik.

“Setelah mengikuti webinar ini, saya khususnya menjadi lebih berhati-hati ketika menggunakan media sosial, memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (jm/ak/rf)