MTs N SALATIGA SIAP SUKSESKAN KSM MTs DAN MI TINGKAT KOTA SALATIGA

Salatiga — Bertempat di Laboratorium Komputer  MTs Negeri Salatiga pada hari Minggu tanggal 22 Agustus 2021 dan Senin tanggal 23 Agustus 2021, telah dilaksanakan kegiatan KSM (Kompetisi Sains Madrasah) MTs dan MI Tahun 2021. Penyelenggaraan KSM MTs dan MI Tahun 2021 yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama dalam rangka untuk membentuk jiwa kompetisi siswa Madrasah sehingga akan terbentuk seperti slogan madrasah yaitu Madrasah yang Hebat dan Bermatabat diikuti oleh 12 siswa dari empat  MTs Negeri dan Swasta serta 26 siswa MI baik MI Negeri maupun swasta. Alasan pelaksanaan KSM MTs dan MI tahun 2021 diselenggarakan di MTsN Salatiga karena MTsN Salatiga mempunyai Laboratorium Komputer yang bagus dengan jaringan internet yang lancar dan stabil, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kelancaran pengerjaan soal-soal KSM secara online.

“Kami MTs Negeri Salatiga siap mensukseskan KSM MTs dan MI tahun 2021, dan silahkan laboratorium kami digunakan sebagaimana peruntukannya”, Kata Drs. H. Mudlofir, M.M. selaku kepala MTsN Salatiga saat memberikan sambutan pada rapat panitia KSM Kota Salatiga yang dihadiri oleh Kasi Mapenda Kemenag Kota Salatiga H. Muhammad Miftah, S.Ag, M.H. dan kepala-kepala  MTs dan MI se-Salatiga di aula MTsN Salatiga.

“MTsN Salatiga mempunyai tiga ruang laboratorium komputer dengan jumlah komputer sebayak 100 (seratus) unit komputer, tentunya akan sangat mencukupi untuk pelaksanaan KSM MTs dan MI tahun 2021 tingkat Kota Salatiga”, imbuh Drs. H. Mudlofir, M.M.  

Sesuai dengan Juknis dari Dirjen KSKK, bahwa Kementerian Agama melaksanakan rangkaian kegiatan KSM, MYRES, dan Madrasah Robotics Competition (MRC) dalam rangka penguatan dan pengembangan ilmu dan teknologi serta peningkatan mutu dan daya saing siswa madrasah sehingga Kemenag mewajibkan semua madrasah untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut mulai dari MI, MTs,dan MA di seluruh Indonesia. Karena tahun 2021 masih terjadi penyebaran Covid-19 dan juga adanya program PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga pelaksanaan KSM dilaksakanan secara daring atau online.

Pelaksanaan KSM sendiri dimulai dari tingkat satuan pendidikan dengan melaksanakan seleksi dari semua siswa masing-masing madrasah pada tanggal 21  sd. 30 Juni 2021 dengan tujuan untuk mendapatkan siswa yang terbaik dari setiap bidang lomba pada tingkat satuan pendidikan. Selanjutnya, pada tanggal 15 dan 16 Agustus dilaksanakan tryout atau simulasi KSM MTs dan MI dengan menggunakan aplikasi CBT yang telah diterbitkan oleh Kemenag. Simulasi dilaksanakan untuk persiapan supaya ketika hari pelaksanaan siswa dapat mengoperasikan sendiri aplikasi untuk KSM tersebut.

Pada simulasi dan pelaksanaan KSM MTs, dari tiga mata pelajaran yang dilombakan, panitia membagi menjadi tiga sesi yang dimulai dari pukul 07.30 WIB untuk mata pelajaran Matematika Terintegrasi yang dilanjutkan pukul 10.00 untuk mata pelajaran IPA Terintegrasi dan pukul 12.30 untuk sesi terakhir mata pelajaran IPS Terintegrasi.

Agar dalam pelaksanaannya KSM di MTs Negeri Salatiga berjalan tanpa ada kekhawatiran siswa ataupun orang tua, maka MTs Negeri Salatiga menerapkan protokol kesehatan dengan 3M (Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) secara ketat untuk mengantisipasi penularan covid-19.

Suatu kehormatan bagi kami ketika pelaksanaan KSM hari minggu tanggal 22 Agustus 2021, kami mendapatkan kunjungan secara langsung dari Jajaran Kanwil Jawa Tengah yaitu H. Fajar Adhy Nugroho, S.Sos., M.Si. selaku Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng, Kasi Kursis Kanwil Kemenag Jateng H. Juair, S.Ag., M.M., M.Si. dan Kakan Kemenag Kota Salatiga H. Taufiqurrahman, M.Si  beserta stafnya.

 “Saya selaku wakil dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah menyampaikan apresiasi kepada Drs. H. Mudlofir, M.M. selaku kepala MTs Negeri Salatiga yang telah memberikan fasilitas untuk suksesnya pelaksanaan KSM tingkat Kota Salatiga tahun 2021, semoga Kota Salatiga dapat memberikan wakil terbaiknya untuk maju di KSM Tingkat provinsi dan Nasional” kata H. Fajar Adhy Nugroho.

“Saya juga mengapresiasi seluruh jajaran Kemenag Kota Salatiga yang telah menyelenggarakan KSM Tingkat Kab/Kota tahun 2021 dengan baik. Harapan saya, ini menjadi ajang untuk siswa dapat mengeluarkan potensi terbaiknya demi kemajuan Madrasah di Indonesia khususnya di Kota Salatiga” imbuh H. Fajar Adhy Nugroho.

KSM MTs Tingkat Kota Salatiga tahun 2021 berakhir pada pukul 14.30 WIB dengan jumlah seluruh peserta sebanyak 12 siswa yang terdiri dari perwakilan MTs Negeri Salatiga, MTs NU, MTs Yasinta, dan MTs Pancasila dengan Bidang Mapel Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi.. Sementara itu, pelaksanaan KSM MI Tingkat Kota Salatiga diikuti oleh 13 MI di Kota Salatiga dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa. KSM MI sendiri terdiri dari 2 (dua) mata pelajaran saja yaitu IPA Terintegrasi dan Matematika Terintegrasi.

Kita berharap semoga siswa-siswi MTs Kota Salatiga khususnya siswa MTs Negeri Salatiga dapat sukses untuk lolos dan maju di tingkat provinsi hingga nasional pada tahun 2021 ini. (matansa)